Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Masa pendaftaran penerimaan calon anggota Polri tahun akademik 2019 di wilayah hukum Polres Konawe telah ditutup. Setelah diteliti tim seleksi, 172 pendaftar dinyatakan lulus berkas.

“ Dari 172 orang itu terdiri 4 Akpol, 5 tamtama dan 163 bintara,” papar Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag Sumda) Polres Konawe Kompol H Ambo Tuwo, saat ditemui pada, Senin (1/4/2019).

Dikatakannya, sejak dibuka pendaftaran animo masyarakat cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar setiap hari yang datang mengambil dan mengembalikan berkas.

Namun, akunya, dari beberapa pendaftar juga ada yang harus gugur karena tidak memenuhi standar formil persyaratan, seperti ukuran tinggi yang normalnya paling rendah untuk pria 165 cm dan wanita 160 cm.
“Ukuran tinggi itu syarat utama. Setelah ukuran tinggi memenuhi syarat, selanjutnya penelitian persyaratan dokumen. Dalam pemeriksaan dokumen, panitia melibatkan tim pembantu dari instansi eksternal yakni Disdukcapil dan Dikbud setempat untuk melihat keabsahan dari dokumen perserta,” paparnya.

Berkas pendaftaran 172 pendaftar itu sendiri, katanya, langsung diantar ke Polda Sultra.

Sejumlah peserta ini, lanjutnya, akan berkompetisi dengan peserta lainnya yang juga dinyatakan lulus berkas dari hasil seleksi yang berlangsung di wilayah hukum Polda Sultra.

“Masih ada tes yang akan dihadapi, seperti tes fisik kesamaptaan, tes kesehatan, tes psikologi dan tes akademik. Sejumlah tes ini memiliki standar nilai yang harus dipenuhi oleh peserta,” ujarnya.

Ia tidak menyebutkan kuota calon anggota Polri yang akan diterima. Namun ia mengaku, proses seleksi dilakukan secara terbuka dan jujur sesuai dengan yang telah ditentukan.

“Pendaftaran mulai dibuka sejak awal Maret lalu dan panitia mengirim dua tahap berkas. Tahap pertama pada 25 Maret 2019 jumlahnya 126 berkas terdiri 3 Akpol, 5 Tantama dan 118 bintara. Kemudian tahap kedua pada 29 Maret 2019 berjumlah 46 terdiri 1 Akpol dan 45 bintara,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here