Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Antisipasi bencana banjir yang biasa terjadi di musim penghujan, personel Satuan Sabhara Polres Konawe menggelar latihan menggunakan peralatan SAR (Search And Rescue) untuk digunakan dalam membantu atau menolong korban banjir, Kamis (2/1/2019).

Latihan tesebut di pimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Konawe, AKP Ta’ Sakka yang diikuti oleh personel Satuan Sabhara.

Kasat Sabhara Polres Konawe mengatakan “ Anggota kami yang dilibatkan dalam tim SAR akan dilatih kemampuannya, baik dalam proses pencarian maupun evakuasi korban,”kata AKP Ta’ Sakka.
Lanjut AKP Ta’ Sakka, miskipun peralatan evakuasi saat ini sangat minim, namun dengan sering berlatih SAR secara berkelanjutan akan dapat menambah kemampuan anggota menjadi lebih profesional.

Dalam latihan menggunakan peralatan SAR ini para anggota Satuan Sabhara Polres Konawe mendapatkan materi tentang cara menggunakan prahu karet, pencarian korban dengan berenang, dan cara menangani korban tenggelam.

“ Sekarang ini sudah mulai turun hujan maka kita harus waspada jika sewaktu waktu terjadi bencana banjir. Karena di Kab. Konawe ini selalu dilanda banjir maka Polri siap untuk memabntu masyarakat ketika ada yang dilanda banjir,”ungkapnya saat memimpin apel persiapan latihan.

“ Saya pesan kepada anggota saya agar semua materi yang disampaikan dapat diperhatikan untuk menjaga kemungkinan jangan sampai nanti dilapangan anggota kami jadi korban dalam upaya penanggulangan bencana alam,”tutup Kasat Sabhara Polres Konawe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here