Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepala Kepolisian Sektor Bondoala Ipda Satria Madangkara,S. S.Tr.K menghadiri pertemuan anggota DPRD Kab. Konawe di Kantor Perusahaan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), Selasa (29/10/2019).


Pertemuan itu terkait dengan adanya nilai yang besar dalam memberikan kontribusi untuk menyerap pencari kerja di kabupaten Konawe. Perusahaan multinasional yang terletak di kecamatan Morosi itu, memprioritaskan warga pribumi setiap kali membuka penerimaan pekerja. Saat ini tercatat, PT VDNI telah mempekerjakan tenaga kerja lokal sebanyak 10.421 orang.


Human Resource Departement (HRD) PT VDNI Anto Erianto mengatakan, dalam setiap perekrutan karyawan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe hingga Kepala Desa yang berada di lingkungan perusahaan. Upaya itu dilakukan, katanya, sebagai bentuk nyata dari PT VDNI yang memprioritaskan putra daerah dalam menerima karyawan.

” Jumlah karyawan lokal saat ini sebanyak 10.421 pekerja. Sedangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT VDNI berjumlah 683 pekerja,” ujar Anto Erianto, saat berdialog dengan utusan Pemkab Konawe yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Konawe Jumrin S.Pt.


Hadir dalam pertemuan itu, Kapolsek Bondoala Ipda Satria Madangkara, Kepala Seksi Intelijen Kejari Konawe Gde Ancana SH, Perwira Penghubung (Pabung) Konawe Mayor Inf Petrus dan Ps Kanit V Sat Intelkam Polres Konawe Bripka Nopen Harianto.

Sementara itu, Plt Kepala Kesbangpol Konawe Jumrin, S.Pt menjelaskan, kunjungannya ke PT VDNI merupakan bagian dari tugasnya sebagai Ketua tim pengawasan orang Asing Kabupaten Konawe. Kunjungan tersebut, akunya, menjadi agenda rutin setiap tahun untuk mengecek kondisi lapangan serta menanyakan seperti apa proses perekrutan karyawan di PT VDNI.

“Kami minta, pihak perusahaan untuk memprioritaskan pekerja lokal dibanding pekerja Asing. Kami juga ingatkan, dalam setiap perekrutan karyawan agar pihak PT VDNI tidak memungut biaya. Hak-hak karyawan seperti Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) juga harus diperhatikan oleh PT VDNI,” imbuhnya.


Terkait dengan keamanan di perusahaan tersebut Kapolsek Bondoala mengungkapkan “ Keamanan dilingkungan perusahaan PT VDNI secara interen ditangani oleh pihak security perusahaan dan ketika ada tindak pidana yang terjadi di perusahaan ini maka pihak kami akan melakukan tindakan,”ungkap mantan Kapolsek Puriala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here