Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepramukaan memiliki berbagai macam aspek pembelajaran mulai dari segi spiritual, emosional, sosial, jasmani, dan rohani.

Hal ini bertujuan untuk pembentukan karakter anak dan pemuda Indonesi melalui wadah Gerakan Pramuka.  Pendidikan karakter saat ini menjadi materi yang memang harus diterapkan di setiap Instansi sekolah atau di Instansi lain karena memang pendidikan karakter harus diberikan sejak usia dini.

Untuk mencapai hal itu Kwartir Nasional telah membentuk Satuan Karya dengan maksud agar pesrta didik dapat memperoleh ilmu kepramukaan yang praktis diluar Gugus Depan.

Salah satu Satuan Karya yang dibentuk seperti di Kepolisian adalah Satuan Karya Bhayangkara yang berorientasi pada keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga Polsek Pondidaha membentuk pelatihan Pramuka Saka Bhayangkara.

Dalam pelatihannya, peserta didik diajarkan krida Lantas, TPTKP, Tibmas dan krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (P2B).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan sekali dalam seminggu. Dalam pelaksanaannya, para anggota Pramuka Saka Bhayangkara kerap kali menerima materi-materi yang berbeda pada setiap minggunya.

“ Melalui pembinaan tersebut diharapkan generasi muda sebagai generasi bangsa yang ikut serta bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat dapat menanamkan jiwa Perpolisian Masyarakat (Polmas),” Jelas Instruktur Saka Bhayangkara Polsek Pondidaha Aipda Hamdani, SH.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Pondidaha Ipda Hasbul Jaya, SH mengatakan “ Saya mengajak agar kita dukung kegiatan pelatihan Saka Bhayangkara pada setiap Minggu agar anak – anak bangsa ini mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya untuk menjadi generasi muda Indonesia yang baik,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here