Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Abuki Bripka Pihring melaksanakan mediasi penyelesaian masalah sengketa tanah yang diketahui milik pemerintah.


Penyelesaian masalah sengketa tanah tersebut bertempat di Kantor Kel. Abuki Kec. Abuki Kab. Konawe, Selasa (24/09/2019)

Tanah tersebut diklaim oleh sdr. Sunusi (53) warga Kel. Abuki Kec. Abuki sekaligus menggugat bahwa tanah/bangunan

Dalam hal ini Sumuni 53 tahun alamat Dusun 1 Kel. Abuki Kec. Abuki Kab. Konawe yang mengklaim sekaligus menggugat bahwa tanah dan bangunan Balai Kelurahan Abuki adalah tanah miliknya yang telah diberikan atau diwariskan oleh pamannya sdr. (Alm) Langgai Meeto.

Dalam pemberian tanah tersebut tidak ada yang menyaksikan dan bukti surat kepemilikannya tidak ada.

Atas kejadian ini pihak pemerintah Kelurahan Abuki memanggil pihak penggugat untuk hadir di Kantor Lurah Abuki demi mengklarifikasi status kepemilikan tanah tersebut.

Menurut Bripka Pihring” Sesuai keputusan hasil rapat bahwa pihak penggugat (Sumuni) tidak mempunyai hak dan kekuatan hukum untuk menguasai tanah tersebut karena tidak ada saksi yang mengetahui atas pemberian tanah tersebut sehingga tanah dan bangunan Balai Kel. Abuki itu dimiliki oleh pemerintah untuk menjadi fasilitas pemerintahan dan digunakan sebagai tempat pertemuan masyarakat,”tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Kelurahan Abuki, Bhabinkamtibmas Polsek Abuki, unsur pemerintah Kel. Abuki dan tokoh masyarakat.

Kasi Humas Polsek Abuki Birpka Marwan mengatakan “Kegiatan mediasi ini sangat direspon oleh Kapolsek Abuki Ipda Andriana Yusup. S. Tr. K dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here