Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Abuki Bripka Pihring melakukan mediasi atau problem solving permasalahan antar Kepala Desa Padangguni Utama sdr. Samad dan warganya sdr. Ruslan, Senin (12/08/2019).

Masalah yang timbul antar Kepala Desa dan warganya itu karena sdr. Ruslan telah merobek kupon pembagian daging kurban yang diterima dari panitia tingkat Kabupaten.

Kupon tersebut dirobek sdr. Ruslan didepan warga yang sedang mengantri pembagian daging kurban.

Selain merobek kupon, sdr. Ruslan telah mengeluarkan kata-kata kasar dan tidak sopan kepada Kepala Desa Padangguni Utama yang akhirnya Kepala Desa tersebut merasa tersinggung dan tidak menerima tingkah warganya.

Dengan adanya permasalahan ini, Bhabinkamtibmas Polsek Abuki Bripka Pihring tidak ingin kalau masalah tersebut berkepanjangan sampai menimbulkan dendam hingga sampai bermasalah lebih besar.

Kemudian Bripka Pihring berupaya melakukan mediasi dengan cara memperteremukan kedua belah pihak agar didamiakan.

Saat dipertemukan, Bripka Pihring bertanya kepada sdr.Samad dan sdr. Ruslan bahwa apakah masalah ini akan dilanjutkan melalui proses hukum atau secara kekeluragaan.

Namun keduanya bersepakat untuk tidak dilanjutkan melaui proses hukum akan tetapi permasalahan tersebut akan diselesaikan secara kekeluargaan atau secara adat Tolaki (peohala).

Kemudian diselesaikanlah secara kekeluargaan lalu dibuatkan surat pernyataan agar sdr. Ruslan tidak mengulangi lagi perbuatannya dan surat pernyataan tersebut ditandangani dan disaksikan oleh tokoh adat, tokoh masyarakat dan aparat pemerintah Desa Padangguni Utama.

“ Jadi saya mohon kepada masyarakat Desa Padangguni Utama agar tetap menjaga solidaritas, citra dan nama baik terhadap Kepala Desa selaku pemerintah maupun kepada siapa saja agar di Desa Padangguni Utama ini dapat hidup tentram dan damai, kita harus asaling menghargai dan saling menghormati, jangan selalu terbawa emosi, kemudian kalau ada permasalahn sedikit harus segera dikomunkasikan dengan baik,”imbuh Bripka Pihring kepada masayarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here