Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Tongauna Bripka Suldian Rizek melakukan problem solving atau mediasi terkait penutupan saluran air tersier yang mengairi areal persawahan warga di Kel. Mataiwoi Kec. Tongauna Kab. Konawe, Selasa (11/8/2020).
Yang menutup saluran tersier tersebut adalah sdr. Mustakim dan sdr. Remi, tujuannya menutup saluran itu agar air dari saluran tersier dapat mengalir ke areala persawahan milik mereka, hanya tindakan ini merugikan dengan orang lain sehingga air tidak dapat mengalir ke areal persawahan sdr. Nasir.

Dengan peristiwa ini pihak yang dirugikan yaitu sdr. Nasir mengadukan ke pemerintah Kel. Mataiwoi kemudian Lurah Mataiwoi Guslan, S. Sos memanggil kedua belah pihakdan ketua kelompok tani.

Proses mediasi telah dilakukan dan semua pihak turun ke lokasi sengketa sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan diterima oleh kedua belah pihak.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas Polsek Tongauna Bripka Suldian Rizek menekankan kepada warga yang bertikai agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi. Masalah pembagian air dipersawahan harus saling berkoordinasi antar pemilik sawah yang satu dengan yang lainnya sehingga tidak terjadi suatu permasalahan.


“Saya usulkan kepada warga dan pemerintah setempat agar dilakukan kerja bakti bersama, misalnya pada musim tanam kita dapat bergotong royong membantu menanam padi dengan yang lainnya agar silaturahmi dan kekompakan para petani semakin harmonis,”ucap Bripka Suldian Rizek.


Yang hadir dala kegiatan mediasi ini adalah Lurah Mataiwoi, Guslan, S. Sos, Bripka Suldian Risek, S.H, pengamat pengairan 2 orang, ketua kelompok tani dan kedua warga yang bertikai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here