Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Kendari dan Polsek Pondidaha secara bersama-sama melakukan Operasi Pasar dalam wilayah hukum Polsek Pondidaha,Jumat (30/11/2018).

Dalam giat Operasi pasar tersebut merupakan operasi tahap II tahun 2018 yang di pimpin oleh Wahyudin Muis, S.Si, Apl.M.Sc bersama 5 orang personel Balai POM Kendari dan 4 orang Personel Polsek Pondidaha.

Operasi ini dilaksanakan di Pasar Rakyat Samaturu Kel.Amongggedo Kec.Amonggedo Kab.konawe dengan sasaran penertiban Kosmetika ilegal yang mengandung bahan berbahaya dan obat – obatan yang tidak terdaftar pada BPOM

Tim operasi pasar menemukan berbagai macam produk pangan yang tidak memenuhi ketentuan untuk diedarkan, seperti sudah kedaluwarsa dan tidak memiliki izin edar. Selain itu tim juga menemukan obat keras dan obat bebas terbatas yang sudah kedaluwarsa dan tidak memiliki ijin edar.

Produk-produk yang tidak memenuhi Ketentuan tersebut di sita oleh Balai POM yang kemudian di lampirkan dalam Berita Acara Penyitaan untuk ditindak lanjuti.

Wahyudin Muis, S.Si, Apl.M.Sc selaku ketua Tim Operasi mengatakan bahwa “giat ini merupakan langkah untuk menjaga dan melindungi masyarakat bahkan perekonomian negara secara nasional dari bahaya akibat beredarnya obat dan makanan yang tidak standar dan layak di konsumsi,”katanya.

Ia juga memberikan himbauan kepada masyarakat “Apabila akan mengkomsumsi produk agar memperhatikan istilak Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Cek Label, Cek Ijin Edar dan Cek Kedaluwarsa agar terhindar dari produk yang berisiko terhadap kesehatan,”imbuhnya.

Kapolsek Pondidaha Ipda Hasbul Jaya,SH mengatakan bahwa ” Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari upaya intensifikasi pengawasan produk kosmetik dan obat-obatan yang beredar untuk melindungi masyarakat dari produk yang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan,”katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan Kendari Nomor : R.PY.09.115.11.18.1994 tanggal 23 November 2018 tentang permintaan pendampingan operasi pasar di Wilayah Hukum Polsek Pondidaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here