Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Sebagai kesiap-siagaan menghadapi musim kemarau di tahun 2019, Polsek Pondidaha bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) wilayah Sulawesi Daops Tinanggea melaksanakan patroli terpadu.

Kegiatan tersebut diawali dengan Apel gabungan Polri dan Manggala Agni yang dipimpin oleh Kapolsek Pondidaha Ipda Julak Sulohor, SH yang digelar di halaman Mako Polsek Pondidaha, Rabu (10/4/2019).

Setelah dilakukan pemetaan kondisi, wilayah hukum Polsek Pondidaha yang rawan karhutla terdapat dua lokasi sasaran patroli terpadu, yaitu wilayah Amonggedo dan wilayah Pondidaha. Kemudian masing-masing tim patroli langsung menuju lokasi sasaran dan membentuk posko.

Salah satu Tim patroli terpadu Teguh, S.Hut mengatakan “Kegiatan ini merupakan suatu terebosan untuk menekan jumlah titik hotspot dan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada pada lokasi Desa rawan karhutla,”ucapnya

“Sinergi yang kuat antar pihak menjadi kekuatan di lapangan dalam menjaga lingkungan dari ancaman karhutla,”lanjutnya.

Sementara itu Kapolsek Pondidaha Iptu Julak Sulohor, SH mengatakan bahwa “Dengan mengedepankan deteksi dini, sosialisasi dan penyuluhan terhadap masyarakat merupakan suatu upaya mengatisipasi terjadinya Karhutla.

“Kami akan terus menghimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara di bakar karena itu dapat memicu terjadinya kebakaran hutan,”tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here