Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Sejak bulan Juni tahun 2021 curah hujan semakin meningkat, dengan curah hujan yang semakin meningkat biasanya melanda banjir di beberapa Desa dalam wilayah hukum Polsek Pondidaha.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar masyarakat tidak panik dalam menghadapai musim hujan ini maka personel Polsek Pondidaha telah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk waspada dan dapat mengantisipasi banjir.

Antisipasi banjir tersebut dengan cara tidak merusak lingkungan seperti menebang pohon-pohon di sepanjang tanggul atau dipinggir sungai, tidak membuang sampah disembarang tempat dan masyarakat dihimbau juga agar tetap menjaga kesehatan.

Kapolsek Pondidaha Iptu Heru Purwoko, SH saat dikonfirmasi oleh Humas Polres Konawe menjelaskan bahwa sekalipun belum banjir berskala besar namun pihaknya sudah mulai mengantisipasi kemungkinan naiknya debit air sungai Konaweha yang bisa meluap kepemukiman warga dan areal persawahan.

“ Antisipasi kami yaitu berupa himbauan dan mengecek langsung daerah-daerah yang rawan banjir,” kata Kapolsek Pondidaha pada Jum’at (2/7/2021).

Ia juga mengungkapkan bahwa benar sudah ada pemukiman warga yang sudah tergenang air namun itu hanya air yang lewat.

Iptu Heru Purwoko menjelaskan tentang penyebab terjadinya banjir yaitu selain curah hujan juga karena budaya menjaga lingkungan belum melekat dalam masyarakat karena masih banyak di antara kita yang kurang peduli terhadap kondisi lingkungan, jadi melalui kesempatan ini saya mengajak kepada kita semua untuk selalu menjaga lingkungan,” jelas Kapolsek Pondidaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here