Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Sebanyak 16 ekor sapi qurban yang disiapkan Polres Konawe mendapat pemeriksaan kesehatan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Konawe, Selasa (20/7/2021).

Tim Kedoktoran Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Konawe drh.Husniyati, MP dan drh.Junaedy melakaukan pemeriksaan kesehatan terhadap sapi qurban Polres Konawe sejak tanggal 20 hingga 21 Juli 2021 di halaman parkiran Satlantas Polres Konawe dimana halaman tersebut adalah tempat dilaksanakanya pemotongan sapi qurban.

drh.Husniyati, MP mengungkapkan bahwa dari 16 ekor sapi qurban yang disiapkan oleh Polres Konawe ada dua ekor yang kurang sehat karena terdapat cacing daun didalam hati sapi tersebut.

Namun drh.Husniyati, MP menjelaskan bahwa sapi yang terdapat cacing daun itu masih bisa dikonsumsi dagingnya kecuali hati tidak layak untuk dikonsumsi sehingga harus dibuang.

“ Jadi untuk sapi qurban ini semuanya bisa dikonsumsi,” terang drh.Junaedy.

Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso, SIK melalui Kabag SDM mengatakan, “ Ini merupakan bagian dari upaya kita bersama dalam mengantisipasi agar ternak yang menjadi hewan Qurban memenuhi syarat kesehatan hewan sesuai dengan syariat Islam.,”kata Kompol H. Ambo Tuwo.

Demikian juga dengan para pedagang agar menjual hewan Qurban dengan memperhatikan kesehatanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here