Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Bersatu Lingkar Anggaberi (Formakar) menggelar aksi demonstrasi di dua Kantor dinas lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, Senin (24/08/2020).

Aksi Massa tersebut menuntut perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang berada di Desa Lerehoma Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe ini dinilai tidak patuh hukum perundang-undangan secara menyeluruh baik dalam izin Amdal dan juga komitmen perekrutan tenaga kerja lokal yang berada dilingkar perusahaan.

Irsan Pagala, selaku Koordinator aksi massa, menyebut bahwa dari hasil kajian kami pihak perusahaan melakukan kesalahan yang tidak berdasar dengan tidak mempekerjakan masyarakat lingkar perusahaan dan terkesan menutupi kesalahan ini.

“Kami berharap kepada Pemda Konawe untuk segera menindaklanjuti permasalahan yang ada di dua perusahaan yakni PT TPM dan PT Ladang Anugrah Jakarta,” pungkasnya.

Saling dorong antara massa aksi dan personel Kepoilisian tak terelakkan dalam demonstrasi ini. Massa aksi akhirnya berhasil menerobos masuk ke halaman Kantor Dinas Perizinan Kabupaten Konawe, mereka bermaksud ingin bertemu dengan Kepala Dinas perihal izin mendirikan bangunan dua perusahaan tersebut.

Berikut Tuntutan Forum Masyarakat Bersatu Lingkar Anggaberi:

  1. Meminta kepada dinas Lingkungan Hidup agar mentransparansikan dokumen AMDAL PT Tani Prima Makmur (TPM)
  2. Meminta kepada dinas Perijinan untuk memperlihatkan apakah PT TPM memiliki izin mendirikan bangunan (IMB)
  3. Kami berharap kepada Pemda Konawe untuk segera menindaklanjuti permasalahan yang ada di PT TPM dan juga PT ladang anugrah jakarta
  4. Jika permintaan kami tidak diindahkan maka kami akan menutup secara paksa perusahaan PT TPM.

Usai kegiatan pengamanan aksi unjuk rasa tersebut, Kabag Ops Polres Konawe AKP Urva. L, S.Si.,S.I.K mengungkapkan “Dalam aksi demonstrasi didua Kantor Dinas berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.Setelah selesai melakukan orasinya di Kantor Badan Lingkungan Hidup Kab. Konawe massa langsung membubarkan diri dengan tertib kembali ke rumahnya masing-masing,”ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here