Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepolisian Sektor Lasolo bersama warga memadamkan sijago merah yang membakar hutan di perbatasan Desa Boenaga dan Desa Boedingi, Jumat (08/11/2019) pukul 08.00 wita.

Diketahui bahwa ada kejadian kebakaran hutamn di Desa tersebut karena adanya informasi dari masyarakat yang melaporkan ke Mako Polsek Lasolo.
Setelah mendapatkan informasi itu, Bhabinkamtibmas Polsek Lasolo Bripka Ade Syahrul langsung mendatangi tempat kejadian kebakaran dan menggerakan warga untuk bersama-sama memadamkan sijago merah dengan menggunakan alat seadanya atau manual..

“ Kami memutus aliran api dengan cara memaras atau membersihkan sampah daun, kayu, dll yang akan dilalui api, sehingga api tidak menjalar. Pemutusan aliran api dengan menggunakan alat seadanya yaitu berupa parang dan cangkul,”kata Bripka Ade Syahrul.

Bhabinkamtibmas Polsek Lasolo ini menambahkan bahwa “ Pemadaman api tidak dapat dilakukan dengan penyiraman karena lokasi air yang jauh dan alat pendukung yang tidak memadai atau tidak ada, prioritas dari pemadaman yaitu pada titik api yang mengarah ke kali/sungai karena merupakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar, bahkan bagi masyarakat dari Sulawesi Tengah,”tambahnya.

Upaya yang dilakukan oleh Polsek Lasolo dan warga berhasil memadamkan sijago merah namun Bhabinkamtibmas ini telah memberikan ketegasan kepada warga setempat agar berhati-hati dimusim kemarau ini jagan semabarang membuang puntung rokok dan jangan sembarang membakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here