Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Bertempat di Mako Polsek Wawotobi Tim Inafis Polda Sulawesi Tenggara menggelar Coaching Clinic Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang diikuti oleh para Kanit Reskrim Jajaran Polres Konawe, kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasi Ident Reskrimum Polda Sultra AKBP Labaria Ladiama ” Senin (26/8/2019)


Tujuan digelar Coaching Clinic dari Inafis ( Indonesia Automatic Finger Print Indentification System / Indentifikasi TKP) untuk meningkatkan kemampuan penanganan kasus, mulai dari tahap awal hingga akhir.

Sebelum kegiatan Coaching Clinic olah TKP dimulai kanit Reskrim Polsek Wawotobi Aipda Basri menyiapkan kelengkapan Box Inafis yang berisikan bubuk finger print, kuas , dan alat-alatlainya yang ada dalam box Inafis yang dibantu Banit Reskrim Briptu Muh.Yunus Ganing, S.H.

Kemudian Box Inafis yang disiapkan Aipda Basri diperiksa kelengkapanya dan dipegangnya serbuk finger print (serbuk sidik jari) oleh ketua Tim Inafis AKBP Labaria Ladiama.


Kemudian Ketua Tim bertanya kepada kepada Kanit Reskrim Polsek Wawotobi Aipda Basri apakah alat ini sudah pernah dipergunakan?
“ Sudah pernah dipergunakan bersama Kanit Resident Polres Konawe Aipda Yaqub, S.H. untuk olah TKP Pencurian,”jawab Basrin kepada AKBP Labaria Ladiama.

Selanjutnya AKBP Labaria Ladiama memberikan bimbingan singkat jalanya mengindentifikasi TKP secara benar mulai dari awal hingga akhir dimulai penentuan arah ” utara ” sebagai patokan arah kemudian kedua penggambaran sketsa secara umum seperti sketsa gambar jalan , bagunan , dan keterangan gambar.


Kemudian dokumentasi TKP secara umum dan secara khusus, apabila korban harus di foto semua arah depan, belakang dan samping kiri dan kanan.

Dari rangkaian kegiatan sebelum mengindentifikasi TKP tersebut diatas, ada 5 point yang perlu diperhatikan dalam olah TKP pertama mensterilkan TKP hingga tim identifikasi tiba, kedua menjaga dan mengawasi TKP agar tidak ada seorang pun masuk ke area TKP dan semua yang ada di TKP adalah bahan petunjuk selanjutnya dalam penggungkapan kasus, benar-benar teliti dan memahami dalam melaksanakan TKP.

Dan yang terakhir, masih dikatakannya yakni segera mengkoordinasikan dengan Satuan Kerja/Unit terkait secara terbuka, mengenai petunjuk yang didapat di TKP

Di.”Ahkir kegiatan Tim Inafis Reskrimum Polda Sultra membagikan alat-alat untuk keperluan Indentifikasi TKP
seperti Papan nomor urut dari angka nomor 1 sampai nomor 25 , Papan Arah bertuliskan Indentifikasi , dan Police Line satu gulung.

Kegiatan Gelar Coaching Clinic dihadiri oleh Kapolsek Wawotobi Iptu Rustan Dahlan, Tim Infanis Reskrimum Polda Sultra Ipda Mansyur, S.H, dan Briptu Jamal Anwar.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here