Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepala Kepolisian Resor Konawe AKBP Wasis Santos, SIK memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kec. Pondidaha Kab. Konawe, Senin (23/8/2021).

Bantuan sembako tersebut menyasar dua Desa yang dianggap parah dilanda banjir yakni Desa Laloika dan Desa Wonua Monapa.

“ Bantuan yang diberikan meliputi beras, mie instan, air mineral, susu kaleng, minyak goreng dan teh kepada warga yang terdampak banjir,” ucap Kapolres Konawe melalui Kapolsek Pondidaha Iptu Heru Purwoko, SH

Kapolsek Pondidaha menjelaskan bahwa hujan dengan intensitas tinggi berlangsung sejak tanggal 16 hingga 20 Agustus 2021. Inilah yang jadi pemicu banjir di dua Desa tersebut.

Debit air di Sungai Konaweha naik drastis hingga pintu air tidak bisa menampung dan akhirnya meluap ke kawasan pemukiman pada Jumat (20/8/2021), sekitar pukul 19.00 Wita.

“ Lokasinya di Kecamatan Pondidaha, Desa Wonua Monapa dan Desa Laloika,” tuturnya,” jelas Kapolsek Pondidaha.

Ia menyebutkan total korban yang terdampak banjir sebanyak 70 KK atau berkisar 241 jiwa. Sebanyak jumlah 12 KK atau 39 Jiwa dilaporkan mengungsi pada dua titik aman.

“Desa Laloika 29 KK/ 99 Jiwa terdampak, 4 KK/ 16 mengungsi, sedangkan Desa Wonua Monapa 41 KK/142 jiwa terdampak, 8 KK / 23 Jiwa mengungsi ,” katanya.

“Desa Laloika 26 unit rumah terendam dan Desa Wonua Monapa 41 unit rumah terendam,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dengan curah hujan yang tinggi di Sulawesi Tenggara. Kondisi ini bisa berdampak banjir bandang.

“ Agar mereka tetap waspada dengan keadaan sekarang musim hujan dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here