Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kapolres Konawe AKBP HYudi Kristanto, SIK menghadiri kegiatan Panen Padi Perdana di Kawasan Pengembangan Tiga Kali Tanam yang diselenggarakan oleh pemerintah Dearah Kab. Konawe, Rabu (7/4/2021).

Panen ini adalah Panen perdana padi sawah di kawasan pengembangan tiga kali tanam (IP. 300) Kabupaten Konawe.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Konawe, Kery Sayful Konggoasa, Kapolres Konawe AKBP Yudi Kristantom SIK, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhamad Djudul, Kepala Bulog Provinsi Sultra Erwin Tora, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan, dan Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin.

Ketua Gapoktan Buana Sari, Made Mitra mengatakan jumlah luas sawah 301 hektare (ha), 11 kelompok tani, dan 1 gapoktan. Ia juga meminta bantuan Bupati agar pengolahan sesuai target.

“Kami kekurangan alat pengolah, minimal traktor roda empat,” kata Made Mitra dalam sambutannya pada Rabu (7/4/2021).

Bupati Konawe, Kery Sayful Konggoasa menjelaskan rencana kegiatan untuk mencapai program sejuta ton beras diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Salah satunya yakni peningkatan indeks pertanaman menjadi tiga kali panen dalam setahun.

Peningkatan indeks pertanaman dari dua kali menjadi tiga kali untuk menjamin ketersediaan bahan pokok pangan secara berkelanjutan. Namun, ketersediaan alat olah tanah masih sangat minim jika dibandingkan dengan luas lahan sawah yang ada di Kecamatan Tongauna.

Ia juga mengatakan bangga dan mengapresiasi kelompok tani Gapoktan Buana Sari. Pemkab Konawe berjanji secepatnya akan membantu.

Kery meminta agar dinas pertanian mensosialisasikan untuk mengikuti instruksi Pemkab Konawe terkait penanaman padi. Kecamatan lain juga harus mencontoh Kecamatan Tongauna yang panennya meningkat terus.

Bupati Konawe 2 periode ini melanjutkan bahwa dari 17 kabupaten di Sulawesi Tenggara, Konawelah yang memberikan contoh yang lebih baik. Konawe adalah salah satu daerah penyangga pangan.

Ia juga mengharapkan agar pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat dapat menaikkan harga gabah dan memberikan solusi terkait akses pemasaran beras dari Kabupaten Konawe yang masih terbatas.

Pada kesempatan ini, Bupati Konawe juga langsung memberikan uang tunai kepada Gapoktan Buana Sari. Sementara itu, Kepala Bulog Sultra, Erwin Tora mengatakan akan membeli gabah dengan harga Rp 4.200 per kilogram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here