Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Curah hujan yang masih tinggi dan mengguyur wilayah hukum Polres Konawe mengakibatkan banjir dan banyak rumah warga menjadi tergenang. Melihat kejadian banjir tersebut Kepolisian Resor Konawe dan Polsek Pondidaha terus melakukan monitoring disetiap wilayah yang sudah menjadi langganan banjir setiap tahun.

Seperti halnya banjir yang melanda beberapa Desa di Kec. Pondidaha Kab. Konawe, Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso, SIK telah meninjau lokasi banjir tersebut dengan warga yang sudah diungsikan oleh Polsek Pondidaha, Senin (23/8/2021).

Saat memantau lokasi banjir, Kapolres Konawe menghimbau masyarakat agar menjaga kesehatan dan berhati-hati jangan sampai ada banjir susulan yang debit airnya lebih tinggi.

Ia juga menegaskan kepada Polsek Pondidaha untuk selalu memantau perkembangan banjir diwilayah hukum Polsek Pondidaha.

Kapolsek Pondidaha Iptu Heru Purwoko mengungkapkan bahwa banjir yang melanda beberapa Desa di Kec. Pondidaha karena curah hujan yang semakin tinggi sehingga banyak rumah dan areal persawahan milik warga yang tergenang air.

“ Air yang menggenangi rumah warga mencapai sekitar 50 – 60 cm dan warga tersebut kami sudah bantu mengungsi ke rumah kerabatnya dan di Balai Desa yang dataranya lebih tinggi, ” jelas Iptu Heru Purwoko, SH saat mendampingi Kapolres Konawe.

Ditengah kegiatan ini, Kapolres Konawe menghimbau masyarakat Desa Belatu, Desa Laloika dan Desa Wonua Monapa bahwa banjir merupakan salah satu bencana yang bisa menimbulkan kerugian. Oleh sebab itu, masyarakat perlu untuk menjaga kesehatan, menjaga lingkungan agar tetap bersih serta tidak menebang pohon dilingkungan tempat tinggal.

Dalam kesempaatn itu, Kapolres Konawe menegaskan agar masyarakat tidak melaksanakan aktifitas ditempat yang rawan banjir karena dapat mebahayakan ketika datang banjir sususlan yang lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here