Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kapolsek sampara iptu Sainal Alimin, SE menghadiri kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kader adat mombesara yang bertempat di Balai Desa Lakomea Kec. Anggalomoare Kab. Konawe, Jum’at (3/9/2021).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Anggalomoare Norman,SE, unsur Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kab. Konawe, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Lakomea.

Dalam kesempatan itu Camat Amonggedo menjelaskan bahwa tujuan pelatihan tersebut yaitu agar tokoh adat dan tokoh masyarakat betul – betul memahami tugas, peran dan ketentuan adat yang berlaku dalam menjalankan adat.

“ Oleh karena itu semua rangkaian pelatihan ini harus benar-benar dikuti agar kita semua bisa memahami peran yang dilaksanakan dalam adat tolaki,”ucap Camat Amonggedo saat mebuka kegiatan pelatuhan.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Ketua LAT Kab. Konawe oleh H. Ginar Sambarli, S.Sos tentang ketentuan adat mombesara dan tata cara penggunaan adat.

Kepala Desa Lakomea Siswarnaim Hoa, SE yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas kader adat adalah sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan dimana pelaku adat di Desa Lakomea masih banyak yang belum memahami adat mombesara.

Ditengah kegiatan pelatihan ini kapolsek Sampara Iptu Alimin, SE menyampaikan bahwa permasalahan yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan tindak pidana, Polri selalu mendorong Pemerintah Desa untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara kekeluargaan dengan jalur adat sepanjang permasalahan tersebut masih bisa di selesaikan oleh Pemerintah Desa.

Lanjut Iptu Sainal Alimin, apabila ada oknum yang membuat masalah menyangkut tindak pidana dan sering mengulangi perbuatanya, contoh tindak pidana Penganiayaan maka dengan pertimbangan penyidik atas perkara yang sudah dilaporkan sebelumnya, Polri berhak melanjutkan perkara tersebut sampai di Pengadilan.

“ Adapun upaya penyelesaian secara adat yang sebelumnya sudah dilaksanakan akan menjadi pertimbangan Hakim dalam menentukan putusan,” jelas Kapolsek Sampara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here