Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kapolsek Tongauna Iptu I Ketut Subagia selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bayangkara Polsek Tongauna membuka perkemahan Saka Bhayangkara tingkat Ranting Polsek Tongauna, Sabtu (13/10/2018).

Dalam kegiatan perkemahan ini, hadir juga  Saka Bhayangkara Ranting Wawotobi dan Saka Bhayangkara Ranting Onembute, kehadiran kedua Ranting itu adalah untuk bersama-sama mengikuti kegiatan Saka Bhayangkara yang dihelat oleh Polsek Tongauna.

Jumlah peserta secara keseluruhan adalah 123 orang dengan perincian Polsek Tongauna 83 orang, Polsek Wawotobi 20 orang dan Polsek Onembute 20 orang.

“ Sebagai tujuan gerakan pramuka yaitu memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani, semua ini harus ditanamkan kepada diri kita masing-masing agar terhindar dari segala perbuatan yang melanggar hukum,”Kata Kapolsek Tongauna saat memberikan sambutan dihadapan peserta.

Diakhir sambutannya, Perwira dua balok dipundaknya ini menegaskan kepada peserta didik melalui kegiatan ini saya harap kepada adik-adik agar menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan ini selain materi Kesakaan, Kebhayangkaraan juga diajarkan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), hiking dan beberapa jenis kegiatan permainan  (games) yang mengandung unsur pendidikan.

Kanit Binmas Polsek Tongauna Bripka I Gede Sengker mengatakan kegiatan ini adalah program Unit Binmas Polsek Tongauna yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan, untuk kedepan kita akan lebih meningkatkan lagi metode kegiatan agar para peserta didik lebih cepat memahami semua materi yang diberikan,” katanya.

Kegiatannya sangat menarik, kami sebagi Instruktur selalu memberikan yang terbaik kepada peserta didik sehingga menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur,”tutur Brigadir Birman usai membawakan materi Penanggulangan dan Pencegahan Bencana (P2B) yang didampingi Brigadir Kadek Candra.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here