Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepala Satuan Binmas Polres Konawe  Iptu H. Sampara telah membawakan materi tentang 4 (empat ) pilar kebangsaan dihadapan puluhan Mahasiswa Universitas Lakidende Unaaha, Rabu (3/10/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Nario Indah Kec. Anggotoa Kab. Konawe, yang secara kebetulan di Desa tersebut Mahasiswa Universitas Lakidende sedang melaksabnakan bakti sosial, disitulah Kasat Binmas Polres Konawe menyempatkan waktu untuk melaksanakan penyuluhan dan memberikan materi tentang 4 (empat) pilar kebangsaan.

Ditengah kegiatan ini, selain Mahasiswa dihadiri pula  oleh unsur pemerintah Desa Nario Indah, tokoh masyarakat, tokoh agama, personel Sat Binmas Polres Konawe dan Bhabinkamtibmas Polsek wawotobi.

Selain materi 4 (empat) pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinnekaan, peserta juga menerima materi tentang Paham Radikalisme dan Terorisme.

Dalam kesempatan itu Ia menjelaskan bahwa nilai-nilai empat pilar sangat penting untuk ditanamkan dalam kehidupan sosial karena disitu telah tercermin ciri khas bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beragama, beradab, bersatu, demokrasi dan adil.

Kemudian dijelaskan lagi tentang paham radikalisme dan terorisme agar dihindari dan dicegah karena tidak sesuai dengan norma-norma bangsa kita karena lebih mengarah pada tindakan tertentu dengan cara menggunakan kekerasan dalam mengusung perubahan yang diinginkan. Kelompok radikal umumnya menginginkan perubahan tersebut dalam tempo singkat dan secara drastis serta bertentangan dengan sistem sosial yang berlaku.

“ Harapan kita dalam kegiatan ini adalah meningkatkan persatuan kita sebagai bangsa yang bermoral, ber Bhinneka Tungak Ika, dan berjiwa Pancasila,”harapnya sambil menutup materinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here