Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Desa Anggoro Kec. Abuki Kab. Konawe pada, Senin (25/11/2019). Dengan kejadian ini Kapolres Konawe AKBP Muh Nur Akbar, SH., SIK., MH langsung memerintahkan Kasat Sabhara Polres Konawe Iptu Tassaka untuk melalkukan pemadaman api yang membakara hutan dan lahan.


Setelah mendapatkan perintah dari Kapolres Konawe, Kasat Sabhara langsung mengumnpulkan anggotanya untuk menuju ke Polsek tempat kejadian kebakaran bersama dengan personel Polsek Abuki.

Kapolsek Abuki Ipda Andriyana Yusuf, S.Tr.K mengungkapkan “ Jarak antara lokasi kebakaran dengan ibukota Kec. Abuki sekitar 35 km namun kami tetap berupaya memasuki hutan anggoro itu untuk memadamkan api yang sudah membakar hutan tersebut,”ungkapnya.

Sekitar pukul 15.00 wita personel Sat Sabhara dan personel Polsek Abuki tiba di lokasi Kebakaran hutan dan lahan dan segera melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya dengan cara menyiramkan air dan memukul api dengan menggunakan ranting kayu yang sedang menjalar ke semak-semak.

Pada pukul 17.00 wita pemadaman dihentikan karena titik-titik api tidak ada lagi yang terlihat.

Menurut salah seorang penduduk yang sempat membantu pemadaman, titik api terjadi karena suhu/cuaca ekstrim panas sehingga gesekan-gesekan kayu kering mengakibatkan terjadinya percikan api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here