Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Konawe menggelar operasi Sikat Anoa tahun 2021. Pada Operasi kali ini, Polres Konawe menyita minuman keras (miras) tradisional jenis pongasi, oplosan dan juga minuman pabrikan.

Selain mengamankan barang bukti berupa miras, juga menyita sebilah parang saat menggelar operasi di wilayah hukum Polres Konawe, pada Senin (25/10/2021) sekitar pukul 20.00 WITA.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kabag OPS Polres Konawe AKP Bayu Laras Tutuka, S.I.K, yang diikuti oleh PNPP Polres Konawe menyasar Cafe/Karaoke yang bertempat di Linkungan Rahabangga Kelurahan Arombu Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso SIK mengungkapkan, kegiatan apel pengecekan PNPP Polres Konawe yang terlibat Operasi Kepolisian “SIKAT ANOA – 2021” dalam rangka cipta kondisi menjelang kunjungan kerja Presiden RI Ir Joko Widodo pada penyelenggaraan MTQ Korpri tingkat Nasional Tahun 2021 serta perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Selanjutnya dengan sasaran meminimalisir dan menanggulangi Penyakit Masyarakat (Pekat), penyalahgunaan Narkoba, senjata api illegal, bahan peledak illegal, penyalahgunaan senjata tajam dan pencegahan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) di Wilayah Hukum Polres Konawe.

Sasaran awal, yakni di cafe/karaoke yang terletak di Kelurahan Arombu, Unaaha lalu personel Operasi Sikat Anoa menyita barang bukti berupa satu jerigen isi 5 liter miras tradisional jenis pongasi dan di titik kedua polisi menyita tiga jerigen isi 5 liter miras tradisional jenis pongasi.

Pada titik ketiga, masih di Kelurahan Arombu, Dengan barang bukti yang disita berupa satu bilah parang, tiga botol miras pabrikan jenis Bir Bintang, satu botol miras pabrikan jenis Cap Kura Bango (jenever) satu jerigen isi 5 liter miras tradisional jenis pongasi.

Selanjutnya, masih kata Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso, SIK pihaknya bergerak ke Kecamatan Wonggeduku, tepatnya di Desa Wonggeduku, juga menyita empat jerigen isi 5 liter miras tradisional jenis pongasi, sembilan belas botol miras pabrikan jenis Bir Bintang, empat botol miras pabrikan jenis Cap Kura Bango (jenever) dan satu cerek isi satu liter miras tradisional jenis pongasi.

“Seluruh barang bukti berupa Miras, baik itu miras tradisional, oplosan dan pabrikan yang berhasil di amankan oleh anggota semuanya kami amankan di Mapolres Konawe,” ungkapnya.

Mantan Kapolres Buton Utara ini membeberkan, kegiatan operasi dilanjutkan dengan sasaran prostitusi di Hotel/penginapan bertempat di Kelurahan Tobue Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe.

Disana, PNPP Polres Konawe melakukan pemeriksaan kamar hotel dan menemukan sepasang yang bukan pasangan suami istri di dalam kamar. Selanjutnya kedua pasangan sejoli ini diamankan di Polres Konawe guna dilakukan pembinaan.

“Selanjutnya kami lakukan patroli di seputaran Kampus Unilaki dan menemukan beberapa remaja sedang mengonsumsi Miras tradisional jenis pongasi. Kami langsung amankan miras tersebut dan para remaja juga diamankan di Polres Konawe guna dilakukan pembinaan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here