Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kondisi hutan dan lahan yang mengering diperparah angin kencang yang kerap bertiup memudahkan lahan mudah terbakar.


Kali ini kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kel. Toriki Kec. Anggaberi Kab. Konawe, dengan kejadian kebakaran ini personel Polsek Unaaha yang dipimpin Kapolsek Unaaha Iptu Setiyono,S.H, bersama Tim Manggala Agni dan Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Konawe secara bersama-sama memadamkan kebakaran lahan tersebut, Minggu (30/08/2019),

Kapolsek bersama anggotanya dan Tim Manggala Agni serta Damkar Pemda Konawe dengan menggunakan 2 unit kendaraan Damkar segera mendatangi TKP yang dimaksud untuk memadamkan kebakaran dan melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Mengetahui kejadian ini awalnya dari informasi salah seorang warga yang melaporkan tentang adanya kepulan asap di Kel. Toriki dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian.

Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan sekali-kali melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, baik itu lahan pertanian ataupun lahan perkebunan karena hal tersebut bertentangan dengan UU RI No.41 Tahun 1999 tentang kehutanan dan UU RI No.32 Tahun 2014 tentang perkebunan dengan ancaman pidana 15 tahun penjara dan denda Rp 15 Milyar.


Kapolsek Unaaha usai memadamkan kebakaran lahan tersebut mengatakan “ Dengan kebakaran lahan ini kita jadikan pelajaran kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan, kemudian dimusim kemarau ini harus hati-hati jangan semabarang membakar biar dihalaman rumah ketika membakar sampah harus dijaga,”katanya Iptu Setyono kepada warga Desa Toriki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here