Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Konsorsium Lembaga Mahasiswa Kab.Konawe yang dikomandoi oleh sdr.Anjarwan dengan jumlah massa sekitar 10 orang mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) dan Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kab. Konawe, Senin (23/12/2019) pukul 09.45.


Massa aksi awalanya berkumpul di Kampus Universitas Lakidende Unaaha kemudian menuju Kantor DPRD dan Kantor BPMD Kab. Konawe yang mendapatkan pengawalan dari personel Polsek Wawotobi dan personel Polres Konawe.


Adapun tuntutan pengunjuk massa yaitu putusan yang dikeluarkan oleh BPMD Kab.Konawe pada tanggal 10 Desember 2019 yaitu tetap melanjutkan pilkades di Desa Atodopi Kec.Abuki dan pada saat pertemuan tidak melibatkan salah satu calon Kades sehingga diduga merugikan salah satu calon Kades atas nama Saharuddin.

Pada jam 10.00 wita pengunjuk rasa melakukan aksi depan Kantor BPMD Kab.Konawe yang diterima oleh Kepala BPMD Kab.Konawe Keni Yuga Permana, S.Tp, M.Ap dengan tanggapan bahwa :

  • Tidak ada dasar untuk menghentikan pemilihan Kepala Desa Atodopi Kec.Abuki karena semua berjalan sesuai dengan aturan.
  • Calon Kades atas nama Saharuddin tidak memenuhi syarat sebagai Calon Kades Atodopi karena surat keterangan dari KUA dinyatakan tidak bisa baca tulis Al-Quran.

Pada pukul 10.25 wita pengunjuk rasa melakukan aksi depan Kantor DPRD Kab.Konawe yang diterima oleh anggota DPRD Kab.Konawe Juhardin, SE dengan tanggapan bahwa pihak DPRD Kab.Konawe akan melakukan koordinasi dengan Dinas PMD Kab.Konawe terkait permasalahan Kades Atodopi.

Setelah mendengarkan tanggapan dari DPRD Kab.Konawe, padapukul 10.40 wita pengunjuk rasa membubarkan diri kembali ke Kampus Universitas Lakidende.

Kapolsek Unaaha Iptu Setyono saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa “ Massa yang melakukan orasi di depan Kantor DPRD dan Kantor BPMD Kab. Konawe tidak melakukan tindakan anarkis dan sampai selesai menyampaikan aspirasinya mereka kembali ke kampus dan situasi tetap berlangsung dengan aman dan terkendali,”ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here