Polres Konawe Amankan Aksi Unras

0
151

Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Polres Konawe mengamanakan aksi unjuk rasa oleh “Konsorsium Aktivis Konawe” yang menanyakan Proses penanganan kasus korupsi yang ditangani, Kepolisian Resor (Polres) Konawe memprioritaskan pengembalian kerugian negara.

Massa melaksanakan orasi di Kel. Ambekairi Kec. unaaha Kab. Konawe tepatnya di depan Sekretariat LSM LEPHAM, setelah itu masa aksi bergeser menuju pertigaan Kantor Bupati Konawe dan selanjutnya para aktivis secara bergantian melakukan orasi serta masa aksi membakar satu buah ban bekas.

Kemudian bergeser ke Mako Polres Konawe dan melaksanakan orasinya terkait mempertanyakan perkembangan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di kantor BKKBN Kab. Konawe.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Konawe, AKBP Yudi Kristanto saat berdialog dengan Aliansi Masyarakat Peduli Korupsi, Senin (24/5/2021).

Ia mengatakan, penekanan tersebut sesuai dalam petunjuk teknis penanganan kasus korupsi yang ditangani pihak Kepolisian.

“Dalam petunjuk teknis terhadap kasus korupsi yang pertama adalah penekanan pengembalian kerugian negara,” kata Yudi.

Sementara itu, dalam tahapan sidik penekanan terhadap pengembalian aset-aset yang berkaitan dengan korupsi.

Sementara itu, saat Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lempham Konawe, Jasmilu, mempertanyakan penanganan kasus korupsi di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe.

AKBP Yudi Kristanto mengatakan, jika pihaknya bakal meninjau kembali penanganan kasus tersebut dari awal penanganan hingga saat ini, apakah prosesnya sesuai prosedur atau tidak.

Ia juga mengatakan, jika saat ini kasus yang merugikan negara mencapai Rp 1,8 miliar, namun telah upaya pengembalian sebesar Rp 1,1 Miliar.

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk penetapan tersangka, pihaknya akan meneliti agar nantinya tidak salah sasaran.

“Sudah dikembalikan Rp 1,1 miliar,” imbuh Yudi.

Ia juga berjanji akan segera menyampaikan perkembangan kasus tersebut dengan segera.

“Tidak akan lama, saya akan tangani dengan seadil-adilnya terhadap kasus ini,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan kembali berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sultra terkait kasus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here