Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Puluhan Konsorsium Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe melakukan demonstrasi di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Darma Konawe, Kamis (30/9/2021).

Para pengunjuk rasa itu menilai kualitas pelayanan dari PDAM Tirta Darma Konawe dalam mendistribusikan air bersih buruk.

Dalam pernyataan sikapnya, para pengunjuk rasa ini menyatakan masyarakat yang berada di Kecamatan Anggaberi merasa tidak puas akan pelayanan PDAM Tirta Darma Konawe.

Pasalnya, distribusi air bersih milik PDAM tersebut tidak mengalir dengan lancar kerumah-rumah warga.

Disisi lain, pengunjuk rasa menduga PDAM Tirta Darma tetap membebankan pembayaran retrebusi kepada masyarakat ditengah buruknya kualitas pelayanan.

“Persoalan ini sejak tahun 2019, 2020, 2021 tidak mungkin suatu pemerintah daerah tidak memberikan kontribusi (Anggaran perbaikan dan pemeliharaan) disini,” kata Agus Salim dalam orasinya.

Pengunjuk rasa juga menuding, pimpinan PDAM Tirta Darma Konawe tidak profesional dan lalai menjalankan amanah yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2013 pasal 3.

Dimana, maksud dan tujuan penyertaan modal daerah Kabupaten Konawe adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan dan pengembangan usaha serta memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari pantauan TribunnewsSultra.com, para pengunjuk rasa sempat berdialog dengan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Tirta Darma Konawe, Ir Munawar Taligana.

Namun, tak puas jawaban dari pihak PDAM Konawe, para pengunjuk rasa kemudian beranjak meneruskan demonstrasinya di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe.

Dalam aksi demonstrasi ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. Pihak PDAM Kab. Konawe telah menerima para demonstran kemudian melakaukan orasi di depan Kantor PDAM Konawe.

Selanjutnya saat berorasi di Depan Kantor DPRD Konawe yang diterima salah satu anggota DPRD Konawe Hermanysah Pagala, SE juga tetap aman, tertib dan lancar.
Kasat Sabhara Polres Konawe mengatakan,” Demonstrasi di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Darma Konawe dan Kantor DPRD Konawe tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,”kata AKP Ta’Sakka selakau Padal giat pengamanan.

Ia menambahkan bahwa demonstran tersebut setelah selesai mendegarkan penjelasan DPRD Konawe atas tuntutan yang disampaikan maka massa langsung membubarkan diri dengan aman dan tertib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here