Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Personel Polres Konawe bersama personel Polsek Unaaha mengamankan jalannya aksi unras yang dilaksanakan di Kantor DPRD Konawe, Kantor BPMD Konawe dan Kantor Bupati Konawe, Selasa (19/11/2019) pukul j 09.15 wita.

Peserta aksi tersebut menamakan dirinya sebagai Aliansi Masyarakat Pemerhati Kebijakan Pemerintah Kabupaten Konawe dengan jumlah massa sekitar 30 orang dengan menggunakan kendaraan R4 sebanyak 1 unit, kendaraan R2 sebanyak 15 unit, serta menggunakan alat peraga berupa sound system sebanyak 1 unit, selanjutnya massa aksi melakukan orasi secara bergantian.


Pada pukul 09.30 wita massa aksi bergerak menuju perempatan Kantor Pos Lantas Kel.Puunaha Kec.Unaaha Kab.Konawe selanjutnya massa aksi melakukan orasinya secara bergantian dan membacakan pernyataan sikap.

Adapun tuntutan massa aksi yaitu:

  1. Meminta kepada Komisi I DPRD Kab.Konawe untuk konsisten dengan rekomendasi pencopotan Camat Abuki sesuai penjelasan dari awal bahwa Camat Abuki tersebut tidak layak lagi jadi Camat.
  2. Mendesak Bupati Konawe untuk mencopot dan memberikan sanksi sesuai UU dan peraturan yang berlaku terhadap Camat Abuki karena tidak dapat memberikan pelayanan publik sesuai mekanisme.
  3. Mendesak kepada Camat Abuki untuk segera menandatangani surat rekomendasi hak kewarganegaraan kepada sdr.Calon Kades Kasuwura.
  4. Mendesak Kepala BPMD Kab.Konawe untuk konsisten sesuai pernyataannya untuk meloloskan bakal calon yang dimaksud karena yang bermasalah bukan bakal calonnya tapi karena adanya upaya Camat Abuki untuk menghalang-halangi pencalonan sdr. Aljumatul sebagai Calon Kepala Desa Kasuwura.
  5. Diduga Camat Abuki dalam statusnya sebagai pelaksana Desa Asolu telah melakukan Korupsi pengelolaan Dana Desa terkait usulan pengadaan ketel nilam pembagunan PAUD dan pembangunan drainase.
  6. Meminta kepada penegak hukum untuk memeriksa Camat Abuki sesuai yang dimaksud pada poin 5 di atas.
  7. Apabila tuntutan kami tidak diindahkan maka kami akan melakukan aksi boikot pilkades Kasuwura Kec.Abuki dan melaporkan Camat Abuki kepada penegak hukum.

Setelah pukul 09.40 wita massa aksi bergerak menuju Kantor Dinas BPMD Kab.Konawe, selanjutnya massa aksi melakukan orasinya secara bergantian, massa aksi diterima dan ditanggapi oleh Kepala Dinas BPMD Kab.Konawe Keny Yuga Permana, S.Stp, M.Ap. adapun tanggapannya yaitu :

  1. Mengapresiasi gerakan massa aksi.
  2. Akan melakukan koordinasi dengan Bupati Konawe terkait permasalahan Desa Kasuwura.
  3. Untuk permasalah pencopotan Camat Abuki pihak BPMD tidak mempunyai kewenangan tersebut.
  4. Bahwa BPMD Kab.Konawe sementara melakukan Bimtek kepada panitia 7 Desa Kasuwura, untuk dilakukan perpanjangan jadwal perbaikan berkas calon Kades Kasuwura selama dua hari.

Kemudian pada pukul 10.11 wita massa aksi menuju Kantor Bupati Kab.Konawe dan selanjutnya massa aksi melakukan orasinya secara bergantian dan berhubung pimpinan tidak ada yang menemui maka massa aksi bergerak ke Kantor DPRD Kab.Konawe.

Setelah tiba di Kantor DPRD Kab. Konawe selanjutnya massa aksi melakukan orasinya yang diterima dan ditanggapi oleh ketua DPRD Kab.Konawe Dr. H. Ardin, S. Sos, M.Si, adapun tanggapannya yaitu :

  1. Bahwa akan dilakukan hearing dan langsung dibuat undangan untuk memanggil semua yang terkait terkait dalam hal tersebut.
  2. Bahwa terkait masalah tersebut tidak ada alasan untuk tidak menandatangani tetapi harus dilakukan sesuai mekanisme.

Kapolsek Unaaha selaku perwira pengendali dalam pengamanan aksi unras ini mengatakan “ Aksi massa berlangsung dengan baik, aman dan lancar, setelah selsai diberikan pemahaman oleh Ketua DPRD dan Kapala BPMD Kab. Konawe, massa langsung membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing,”kata Iptu Setyono, SH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here