Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, jajaran kepolisian Resor Konawe melaksanakan patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe pada, Selasa (24/9/2019).

Pelaksanaan patroli Karhutla tersebut, Jajaran Polres Konawe menyambangi langsung warga yang lagi berkumpul, kemudian memberikan penyuluhan tentang pentingnya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.
Selain menyambangi langsung warga, Jajaran Polres juga memasang spanduk himbauan di kawasan Wisata Gunung Ahuawali. Karena , kawasan Wisata Gunung Ahuawali ditumbuhi alang-alang yang mudah terbakar.


Kapolres Konawe AKBP Muh Nur Akbar, SH., S. IK., MH. Mengatakan, pelaksanaan patroli pencegahan Karhutla yang digelar Polres Konawe untuk menindak lanjuti pertemuan beberapa waktu lalu di Kecamatan Puriala soal pencegahan Karhutla.


Dikatakan perwira dua melati dipundak ini , memasuki musim kemarau dan secara nasional Indonesia dalam status darurat. Dalam arti ,walaupun Sulawesi Tenggara tidak termasuk kategori dari enam provinsi yang memprihatinkan akibat asap.


“Saat ini,bukan saja masyarakat indonesia yang terganggu akibat asal kebakaran lahan tetapi sudah menganggu negara lain,” jelasnya.


Langka-langkah yang digunakan Polres Konawe, yakni rutin melakukan patroli didaerah rawan kebakaran dan melakukan penyuluhan untuk mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan.


“Ada empat Kecamatan yang rawan terjadi kebakaran,diantaranya Kecamatan Pondidaha, Onembute, Uepai dan Puriala, “terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here