Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Jalan poros yang menghubungkan Kec. Sampara, Kabupaten Konawe, menuju kota Kendari, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam putus total.


Hal itu, disebabkan badan jalan yang menghubungan tiga Kabupaten antara lain, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Kota Kendari itu mengalami retak dan mulai runtuh hingga ke sudut dinding jalan. Akibatnya terjadi kemacetan di jalan ini sepanjang puluhan kilo meter baik kendaraan roda duamaupun roda empat.


Pantauan Humas Polres Konawe, akses transportasi darat satu-satunya itu sebelumnya juga sudah pernah longsor pada bagian sisi kiri jalan jika dari arah Konawe menuju Kendari, dengan membentuk lubang besar kedalaman sekira 10 meter panjang 20 meter.


Tingginya intensitas hujan yang kembali mengguyur wilayah ini mengakibatkan jalan yang sudah longsor sejak akhir 2018 itu mengikis tanah secara perlahan. Di lokasi itu terlihat beberapa personel Polisi mengamankan alur lalulintas yang melintas.


“Rumah-rumah warga sudah ada yang rubuh pak karena longsornya semakin besar dan mengenai rumah warga. Ini sekarang sudah retak lagi dan mulai runtuh. Kalau longsor lagi ini jalan, putus total ini jalan. Baru tidak ada jalan darat lain selain di sini,” kata Amrin, salah satu warga Kecamatan Sampara yang dijumpai di lokasi tersebut, Selasa (2/7/2019).


Amrin mengungkapkan, tak hanya meruntuhkan rumah warga saja, kondisi jalan yang tak kunjung mendapat perbaikan itu juga telah banyak menimbulkan kecelakaan, utamanya kendaraan roda empat yang melintas sampai terperosok masuk di lubang longsor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here