Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepolisian Resor Konawe melakukan mediasi Terkait Permasalahan PT. Sulawesi Cahaya Mineral Dengan Masyarakat Routa

Seperti pemberitaan Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id edisi Sabtu (5/6/2021) menyebutkan bahwa permasalahan tersebut adalah terkait dengan adanya Massa aksi yang menduduki Taparan Teo ( Danau Kecil ) yang mana lokasi tersebut masuk dalam IUP PT. Sulawesi Cahaya Mineral sehingga masyarakat Kec. Routa Kab. Konawe melakukan aksi unjuk rasa pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021 karena Taparan Teo ( Danau Kecil ) merupakan tempat pemancingan masyarakat Kec. Routa dari dulu hinga sekarang.

Untuk mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan permasalahan tersebut segera tuntas maka Polres Konawe melakukan mediasi terhadap PT. Sulawesi Cahaya Mineral Dengan Masyarakat Routa, Sabtu (5/6/2021).

Kemudian sekira pukul 09.30 wita dilakukan pertemuan dengan perwakilan masyarakat Routa yang diwakili oleh Kades Tirawonua Daris Ladupai, Baharuddin, S.Pd, Aripuddin, Pitnur, Hasim, Aripuddin, Ansar, Basir.

Masyarakat Kec. Routa kurang lebih 145 orang yang berasal dari Kel. Routa, Desa Tirawonua dan Desa Parudongka yang sementara mengambil ikan di Taparan Teo ( Danau Kecil ) dimana lokasi tersebut masuk dalam IUP PT. Sulawesi Cahaya Mineral.

Adapun hasil pertemuan dan saran yang disampaikan kepada masyarakat oleh Wakapolres Konawe dan Kasat Intelkam Polres Konawe :

  1. Polres Konawe melalui Kasat Intelkam akan memediasi dengan mempertemukan langsung pimpinan perusahaan dengan masyarakat Kec. Routa yang waktu dan tempatnya akan dijadwalkan setelah ada drap program yang telah susun dan disepati oleh semua masyarakat Kec. Routa.
  2. Agar masyarakat Kec. Routa Kab. Konawe yang terdiri dari Enam Desa dan Satu Kelurahan melakukan pertemuan dan membuat drap program dalam bentuk proposal yang disepakati bersama semua masyarakat Kec. Routa.
  3. Proposal yang telah disepakati bersama diserahkan ke Polres Konawe melalui Kasat Intelkam untuk disampaikan kepada Pimpinan perusahaan untuk dilakukan pertemuan antara Pihak perusahaan dan perwakilan Masyarakat Routa.
  4. Masyarakat Routa yang berada di Taparan Teo ( Danau Kecil ) yang masuk wilayah IUP PT. Sulawesi Cahaya Mineral agar segera meninggalkan lokasi tersebut sesuai dengan kesepakatan antara pihak perusahaan PT. Sulawesi Cahaya Mineral dengan masyarakat Routa.

Wakapolres Konawe Kompol Selam, S.Ag., SH melalui Kasat Intelkam Polres Konawe mengatakan,” Saran yang disampaikan oleh pihak Polres Konawe melalui diterima baik oleh masyarakat Kec. Routa,”kata Iptu Abd. Rahman, S.Si.

Ia menambahkan bahwa Masyarakat Kec. Routa sangat mengapresiasi upaya mediasi yang dilakukan oleh Pihak Polres Konawe terkait permasalahan antara perusahaan PT. Sulawesi Cahaya Mineral dengan masyarakat Kec. Routa.

Hadir dalam kegiatan mediasi Wakapolres Konawe Kompol Selam, S.Ag, SH, Kabagops Polres Konawe AKP Urva Lomansyah, S.S.i, S.I.K, Kasat Intelkam Iptu Abd. Rakhman, S.Si, Kapolsek Routa Ipda La Ode Hasmil Hamsah, SH, Camat Routa H. Halim, S.Pd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here