Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Curah hujan yang tinggi dan masih mengguyur wilayah hukum Polres Konawe mengakibatkan banjir dan banyak rumah warga yang tenggelam.
Atas kejadian ini pihak Kepolisian Resor Konawe dan jajarannya langsung memantau semua wilayah yang dilanda banjir yaitu Kab. Konawe dan Kab. Konawe Utara.

Saat memantau lokasi-lokasi yang banjir, personel Kepolisian turut membantu masyarakat baik membantu dipenyebrangan, mengevakuasi barang milik warga maupun memberikan himbauan agar masyarakat berhati-hati dengan suasana kebanjiran yang terjadii saat ini.

Hal ini dilakukan Kapolsek Abuki, Pondidaha dan Kapolsek Lasolo yang turun langsung bersama anggotanya memantau perkembangan debit air dan lokasi banjir serta memberikan himbauan kepada warga.

Untuk wilayah Kab. Konawe Utara terjadi antrian panjang kendaraan, Kepolisian Polsek Asera dan Polsek Lasolo beserta masyarakat setempat turun tangan membantu para pengendara dengan membuat rakit bagi kendaraan roda dua serta mengarahkan pengendara roda empat agar tidak terperosok masuk kedasar sungai.

Kapolsek Lasolo Ipda Reginald.Y.D, S.Tr.K, yang ikut membantu warga mengatakan, “ Curah hujan yang sangat tinggi , mengakibatkan sungai Landawe mengalami peningkatan ketingian air, hingga tidak mampu menampung air hujan sampai mengakibatkan air sungai meluap dan menggenangi rumah warga dan menutup jalan Trans Sulawesi,”katanya.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Pondidaha menuturkan bahwa “Dari Hasil pantauan sementara, di wilayah hukum Polsek Pondidaha masih dalam status aman namun sedikitnya sudah ada 4 halaman rumah warga yang sudah digenangi air luapan dengan ketinggian sekitar ±20 Cm, diperkirakan debit air akan terus meningkat apabila intensitas hujan yang cukup tinggi setiap harinya, dan bencana banjir ini terjadi karena dampak dari meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Lahambuti,”tutur Iptu Julak Sulohor, SH kepada Humas Polres Konawe saat dikonfirmasi melalui via Handpone pada Selas, (4/6/2019).

“ Setelah kami lakukan pemantaun di sungai Konaweeha debit air semakin tinggi oleh karena itu kami terus memberikan himbauan kepada masyarakat yang berdomisili pada kawasan yang berpotensi rawan banjir agar tidak melaksanakan aktifitas disekitar sungai Konaweeha,”kata Kapolsek Abuki Iptu Laode Amin Saleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here