Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Banjir yang melanda wilayah Kab. Konawe terus meluas hingga menyebabkan warga harus mengungsi. Seperti halnya di Desa Aleuti Kec. Padangguni Kab. Konawe warga yang bermukim disebrang sungai Lahambuti yang terjebak karena tiba-tiba air sungai Lahambuti meluap sampai masuk kepemukiman warga, Senin (13/7/2020).

Kapolsek Abuki, Ipda Adryana Yusuf mengatakan Desa Aleuti terisolir akibat sungai yang menghubungkan ke Desa tersebut meluap.

“Sungai itu dulunya dangkal dan dapat dilalui karena itu satu-satunya akses yang dilalui oleh warga Desa Aleuti. Namun sekarang sudah meluap, sehingga warga dari Desa tersebut terisolir akibat jalur yang mereka lalui aksesnya terputus,” ujar Kapolsek Abuki Ipda Yusup.

Meski dapat membahayakan jiwa, warga dari Desa Aleuti tetap memilih memberanikan diri melintas dengan menyeberangi sungai tersebut yang telah meluap.

“Tadi pagi masih ada warga yang berani lewat sungai itu, tapi kita kawal dan bantu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Ipda Yusup

Akibat meluapnya sungai Lahumbuti, salah satu Desa lainnya yaitu Desa Anggoro juga menjadi terdampak banjir.

“Banjir juga sudah memasuki pemukiman warga di Desa Anggoro, tetapi belum parah. Ketinggian diperkirakan masih seukuran betis orang dewasa,” kata Ipda Yusup.

Ipda Yusuf menerangkan, pihaknya bersama personel Polsek Abuki telah bersiaga dan melakukan evakuasi serta pemantauan perkembangan banjir.

“Kita terus pantau banjir ini untuk menjaga kemungkinan tidak terduga terjadi. Namun kondisinya saat ini masih kategori aman,” jelas mantan Kanit Reskrim Polsek Kamaraya ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here