Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Pemerhati Hak Asasi Manusia (LSM- LEPHAM INDONESIA ), Kabupaten Konawe Dengan Penganggung jawab sdr. Jasmilu. S. Sos dan sdr Subardin. S. Sos mendapatkan pengawalan dan pengamaman dari Polsek Abuki, Sabtu (27/03/2021).

Dalam aksi tersebut massa menuntut agar sawah milik Yayasan Pesantren Darul Ulum Abuki yang diduga dikuasai oleh kepala Desa Padang Mekar Sdr. Sutrisno untuk menngemablikan kepada pihak Yayasasn Pesantern tersebut.

Aksi unjuk rasa awalnya dilaksanakan diperempatan Desa Asolu Kec. Abuki dan kemudian melanjutkan orasi di halaman Kantor Camat Padangguni

Setelah menyampaikan aspirasi dan tuntutan Aksi unjuk rasa tersebut diterima langsung oleh Camat Padangguni Sdr. Marwan Lahatamu,S.Ag dan para pengunjuk rasa kemudian memasuki ruangan kantor Camat untuk dilakukan pertemuan.
Hasil pertemun tersebut disepakati:

  1. pemilik lahan sebagaimana yang terlampir dalam berita acara resmi mewakafkan tanah milik mereka langsung kepada yayasan pendidikan dan Perguruan Islam Darul Ulum Abuki.
  2. atas dasar penyerahan wakaf tersebut pengurusan penerbitan sertifikat tanah atas nama yayasan akan diserahkan kepada yayasan.
  3. dengan diserahkannya tanah wakaf oleh pemilik kepada yayasan maka lahan produktif atau tidak produktif telah menjadi hak dan kewenangan yayasan untuk mengelolah demi kepentingan pengembangan yayasan.
  4. setelah penyerahan wakaf ini maka tidak ada lagi pihak manapun yang akan melakukan gugatan baik secara perorangan atau kelompok dan atas nama organisasi.
  5. segala bentuk persengketaan yang terjadi didalam yayasan akan diselesaikan secara internal yayasan.
    Setelah ada kesepakatan maka massa langsung membubarkan diri.
    Hadir dalam pertemuan tersebut Plh. Kapolsek Abuki Iptu Nuryamang, Camat Padangguni Marwan Lahatamu,S.Ag, Ketua yayasan Darul Ulum Sdr. Ahmad Lita R, Kades Padang Mekar R. Sutrisno,S.H, Kepsek MAN Darul Ulum Sdr. Muh. Akbar,S.Pd.,M.Pd, Kepsek MTS Al- Muqorobin Sdr. Oos Rustaman,S.Ag,M.Ag,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here