Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kebebasan menyampaikan aspirasi merupakan salah satu kegiatan yang sudah diatur dalam undang-undang, yang mana pada pelaksanaannya harus menyampaikan surat pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak polri terkait waktu, tempat serta maksud dan tujuan pelaksanaan unjuk rasa

Rabu (23/1/2019) Kapolsek Asera Kompol Muhammad Basir memerintahkan personelnya untuk mengawal dan melaksanakan pengamanan unjuk rasa yang dilakukan oleh Front Pemuda Konawe Utara (FKPU) yang dikomandoi oleh Sulaima. T sebagai Jendral Lapangan, aksi yang digelar di depan pintu gerbang perkantoran Pemda Konawe Utara kemudian dilanjutkan di kantor Bupati Konawe Utara dan berakhir di kantor DPRD Konawa Utara.

Kegiatan  unjuk rasa yang dilakukan oleh Front Pemuda Konawe Utara merupakan bentuk kekecewaan masyarakat terhadap pemerintah daerah Kabupaten Konawe Utara yang dianggap tidak berpihak kepada masyarakat dengan kehadiran PT. Aman Fortuna Nusantara (AFN) di desa Todoloyo Kec.Oheo Kabupaten Konawe Utara.

Dalam orasinya pengunjuk rasa meminta Bupati Konawe Utara untuk segera memediasi masyarakat dengan pihak perusahaan mengenai pembayaran lahan yang dianggap tidak prosuderal, mendesak Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara untuk segera membubarkan Forum mediasi lahan yang telah terbentuk yang diduga telah melakukan sistem atau pola pembodohan dan intimidasi terhadap masyarakat pemilik lahan Asera/Lawali serta memberhentikan seluruh aktifitas pembayaran Asera/Lawali sebelum ada MOU yang diputuskan dan disepakati bersama.

Mengenai harga lahan masyarakat harus  mendesak pihak DPRD Konawe Utara untuk segera melanjutkan kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dalam rangka mempercepat pembentukan Pansus terkait polemik antara pemilik lahan dan perusahaan.

Kapolsek Asera Kompol Muhammad Basir  saat ditemui diruang kerjanya mengatakan “ Polri dalam hal ini Polsek Asera akan selalu konsisten dalam menjalankan tugas, salah satunya mengawal dan melaksanakan pengamanan unjuk rasa agar dalam penyampaian aspirasi dapat terlaksana dengan aman dan damai,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here