Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Untuk mencegah terjadinya perselisihan atau konflik dimasyarakat Kapolsek Asera AKP Andi Agusfian Pranata, SE, S,IK bersama personel Bhabinkamtibmas Polsek Asera melakukan mediasi antara pihak perusahaan PT. Bumi Nikel Nusantara (BNN) dengan warga Desa Pusuuli Kec. Andowia Kab. Konawe Utara di kantor Polsek Asera, Rabu (6/11/2019)

Mediasi yang digelar di Mako Polsek Asera terkait masalah pembayaran kompensasi masyarakat dan adanya tindak pidana Penganiayaan antara pelapor Bapak Didi karyawan PT. BNN dan terlapor Bapak Arisman selaku Sekertaris Desa Puusuli Kec. Andowia Kab. Konawe Utara

Dalam giat mediasi yang berlangsung turut dihadiri Camat Andowia Hasrat, SE., Kanit Reskrim Polsek Asera IPDA Imam supardi,S.H,MM, Kades Puusuli Kec. Andowia sdr. Darmid, Sekdes Puusuli sdr. Arisman, Pihak PT. BNN sdr. Syawal, Panit I Binmas Polsek Asera Aipda Ali Maksum, Panit II Intelkam Polsek Asera Bripka Juanda, Ka SPKT II Polsek Asera Bripka Sahirman, Bhabinkamtibmas Polsek Asera Brigadir Andi Ashar dan Perwakilan masyarakat sebanyak enam orang

Adapun hasil mediasi bersama yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan antara lain:

  1. Pihak perusahaan PT.BNN akan membayarkan komfensasi / uang debu kepada masyarakat Desa Puusuli sebesar Rp.15.000.000,-/ tongkang yang dimaksud dalam pertongkang adalah muatan 7.500 metrik ton sesuai Final draf
  2. Pembayaran komfensasi dilakukan setiap tanggal 28 bulan berjalan dengan jumlah tongkang terhitung mulai tanggal 25 bulan berjalan sampai pada bulan berikutnya ( 30 hari ).
  3. Penyaluran dilakukan langsung dan diterima oleh Kepala Desa yang menjabat pada saat itu, selanjutnya Kepala Desa bertanggung jawab sepenuhnya kepada masyarakat.
  4. Adanya permasalahan penganiayaan akan di selesaikan secara kekeluargaan yang akan dimediasi oleh Bhabinkamtinmas Polsek Asera.

Kapolsek Asera Andi Agusfian Pranata SE, S,IK melalu Kasi Humas Polsek Asera menerangkan Bahwa “ Kegiatan mediasi yang digelar di Mako Polsek Asera untuk mencegah terjadinya pertikaian atau konflik yang berkepanjangan antara pihak perusahaan dan warga Desa setempat,”terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here