Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Bertempat di mako Polsek lasolo telah dilaksanakan Pelatihan (Coaching Clinic) dalam rangka peningkatan kemampuan personel terhadap penggunaan peralatan Revitalisasi Inafis Kit oleh Plh. Kasi Iden Polda Sultra, Rabu (28/08/2019).


Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Plh. Kasi Iden Polda Sultra AKBP La Baria Ladaima bersama dua orang anggotanya serta dihadiri oleh Kapolsek Lasolo Ipda Reginald.Y.S, S.Tr.K, bersama seluruh personel Polsek Lasolo.


“ Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota Kepolisian agar lebih terampil dalam menggunakan peralatan Inafis Kit,”pungkas AKBP La Baria Ladaima saat mejelaskan cara penggunaan alat Inafis.

Tugas Inafis memerlukan kejelian dan ketelitian terhadap barang bukti yang ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dimana barang bukti yang ada kaitannya dengan kejadian di lokasi.


Sekecil apapun barang bukti yang ada di TKP sangat penting dalam proses pengungkapan kasus oleh karena itu dalam menggunakan alat ini harus jelas dan benar-benar diperhatikan,”jelas Plh. Kasi Iden Diterskrimum Polda Sultra

Identifikasi forensik yang dimana usaha untuk mengetahui identitas seseorang yang ditujukan untuk kepentingan forensik, seperti jejak sidik jari untuk kepentingan pengungkapan kasus serta untuk kepentingan proses peradilan.

Peran Inafis untuk mendukung tugas Polri dalam penegakan hukum terdiri dari identifikasi / ungkap pelaku, pelacakan Daftar Pencarian Orang (DPO), identifikasi terhadap korban tanpa identitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here