Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Desa Napoosi dan Desa Kumapo Kec. Onembute Kab. Konawe menjadikan suasana tidak nyaman karena diselimuti dengan asap yang tebal.
Dengan kejadian ini, Polsek Onembute langsung turun memadamkan api yang dibantu oleh anggota TNI Serda Aziz bersama warga setempat, api membakar hutan dan lahan tersebut pada, Kamis (19/9/2019) sekitar 12.00 wita.
Kapolsek Onembute menjelaskan bahwa “ Lahan tidur yang terbakar sebanyak 145 Ha sedangkan Hutan Lindung Taman Nasional Rawa Aopa sebanyak 5 Ha,”jelas Iptu Muh. Arman, SH melalui WhatsApp.
Upaya pemadaman api dengan menggunakan alat secara manual berupa tangki semprot dan menggunakan alat seadanya untuk melakukan pemadaman api dilokasi Karhutla tersebut.

Dijelaskannya lagi oleh Kapolsek Onembute bahwa lokasi kebakaran hutan dan lahan berawal dari lahan tidur masyarakat di Desa Kumapo kemudian merembat masuk kehutan taman Nasional Rawa Aopa.


Api dengan cepat meluas dikarenakan angin yang cukup kencang, hingga saat ini penyebab kebakaran lahan disebabkan oleh warga yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran lahan di Desa Kumapo Kec. Onembute Kab. Konawe namun identitas pembakar lahan belum diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here