Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Melasti merupakan upacara dimana para umat Hindu mensucikan diri secara lahir maupun batin, adapun pelaksanaan upacara tersebut dilaksanakan setiap setahun sekali sebelum menyambut hari raya Nyepi.

Upacara Melasti dilaksanakan oleh adat Gunung Merta Desa Puasana dan Desa Ulubenua Kec. Amonggedo Kab. Konawe (Umat Hindu Pura Ulun Suwi, Pura Dalem Ped, Pura Dalem Setre Agung, Pura Dalem Puri, Pura Manca Wisada, Pura Dalem Maja Pahit) dengan jumlah peserta sekitar 300 orang yang bertempat di Pura Puse Gunung Merta, Selasa pagi (05/3/2019)

Giat Melasti tersebut dipimpin oleh Pinandita Ida Bagus Made Putra dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk ataupun dosa – dosa pada masa lalu.

Pada kesempatan itu Kades Puasana Nyoman Arjana menuturkan bahwa, “Dalam pelaksanaan Hari raya nyepi ditahun 2019 ini, kami mengajak untuk meningkatkan soliditas umat Hindu serta saling menjaga kerukunan antar umat beragama”. Ucapnya

Pihaknya juga menambahkan “Titik puncak kegiatan Hari raya Nyepi umat Hindu itu Catur Brata Penyepian, untuk itu kami menghimbau seluruh umat supaya beristirahat total bisa di rumah maupun di pura, hal tersebut untuk mendekatkan diri kepada sang yang widi,” Ungkap Kades Puasana.

Guna kekhidmatan dari tangkaian kegiatan tersebut, Anggota Polsek Pondidaha yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pondidaha Iptu Julak Sulohor, S.H. bersama unsur terkait melaksanakan pengamanan.

Dalam giat tersebut tampak hadir Pemerintah setempat Kepala Desa Puasana Nyoman Arjana, Desa Ulubenua I Made Asa dan Kapolsek Pondidaha Iptu Julak Sulohor,SH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here