Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Tiga Desa di Kec. Pondidaha Kab. Konawe terdampak bencana banjir, Desa tersebut adalah di Desa Laloika, Desa Wonua Monapa dan Desa Belatu.

Bencana banjir yang melanda ketiga Desa ini tentunya tidak akan dibiarkan warga yang berada di Desa tersebut tergenang dengan air.

Melihat kejadilain ini pada Senin, (23/8/2021) Polsek Pondidaha tidak tinggal diam bahkan langsung turun ke Desa Laloika dan Desa Wonua Monapa untuk membantu warga mengevakuasi ke rumah-rumah warga lain yang tempatnya lebih tinggi dan tidak dijangkau dengan air.

Kapolsek Pondidaha Iptu Heru Purwoko, SH menyebutkan bahwa di Desa Belatu terdapat 70 Kepala Keluarga (KK) dan 241 jiwa terdampak banjir, kemudian 12 Kepala Keluarga (KK) dan 39 Jiwa mengungsi di 1 (satu) titik yaitu di Balai Desa Belatu.

Untuk Desa Laloika 29 Kepala Keluarga (KK) dan 99 jiwa terdampak banjir, 4 Kepala Keluarga (KK) 16 jiwa sudah mengungsi di rumah kerabat terdekat.

Desa. Wonua Monapa 41 Kepala eluarga (KK) dan 142 jiwa terdampak banji, 13 Kepala Keluarga (KK) 43 jiwa Bngungsi di balai Desa Belatu.

“ Bencana banjir ini terjadi karena curah hujan sejak tanggal 18 s.d 21 Agustus 2021 lebih tinggi sehingga tergenang rumah warga yang mencapai sekitar 50 – 60 cm,” jelas Iptu Heru Purwoko, SH kepada Humas Polres Konawe.

Ia menambahkan bahwa Desa yang terdampak banjir berada di datataran rendah sehingga selalau dilanda banjir dan kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Apabila curah hujan dalam beberapa hari kedepan semakin tinggi sangat berpotensi ketinggian air akan semakin bertambah dan dimungkinkan akan bertambah jumlah rumah yang tergenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here