Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Melalui Bhabinkamtibmas Polsek Pondidaha Bripka Abd Rahman Ali Said dan Ps.Kanit Provos Polsek Pondidaha Bripka Asnawir Hasan menyempatkan waktu berkunjung di Kel. Amongedo Baru Kec. Amonggedo Kab. Konawe, Senin (12/8/2019).

Kunjuungan tersebut bertujuan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

Kemudian saat itu, Bhabinkamtibmas Polsek Pondidaha ini selain menghimbau warga agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan juga menyampaikan warga tentang apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran.

“ Ketika melihat kebakaran maka langsung menyampaikan warga setempat dan menghubungi pihak Kepolisan agar secepatnya melaskukan pemadaman baik secara manual maupun secara modern,”kata Bripka Abd Rahman Ali Said kepada warga Kel. Amongedo Baru.

Ia juga menjelaskan tentang Dampak kebakaran hutan dan lahan yaitu rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik. Selain itu, asap bisa mengganggu jarak pandang, terutama untuk transportasi penerbangan.

“Kanit Provos Polsek Pondidaha Bripka Asnawir Hasan menjelaskan bahwa “ Kalau hutan dan lahan terbakar maka ketika musim hujan tiba akan terjadi pengikisan tanah atau erosi maka banjir akan lebih besdar,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here