Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kapolsek Pondidaha Ipda Hasbul Jaya, SH yang didampingi  Kanit Reskrim Polsek Pondidaha Aipda Andi Muh. Rusdi memimpin pertemuan dalam rangka memediasi permasalahan penyelesaian adat pernikahan, Jumat (26/10/2018).

Mediasi dilakukan atas adanya pengaduan dari sdr. Tamrin kepada Polsek Pondidaha yang meminta pentunjuk tentang permasalahan adat pernikahan anak perempuannya (Ayu) yang belum diselesaikan oleh pihak lelaki (Emi).

Selanjutnya Kapolsek Pondidaha Ipda Hasbul Jaya, SH  memamnggil kedua belah pihak ke Mako Polsek Pondidaha untuk melakukan pertemuan sehingga permaslahan yang dilaporkan sdr. Tamrin cepat terselesaikan.

Ditengah pertemuan itu,  Kapolsek Pondidaha meminta agar masing masing pihak menyampaikan pokok persoalannya secara bergantian namun tetap dengan cara yang sopan tidak perlu marah-marah.

Setelah mendengar keterangan dari masing masing pihak selanjutnya Kapolsek Pondidaha memberikan arahan kedua belah pihak agar permasalahan tersebut harus segera di selesaikan secara kekeluargaan berdasarkan adat istiadat yang berlaku dan berlandaskan kearifan lokal.

Atas penjelasan itu kedua pihak sepakat menyelesaikan adat pernikahan dengan waktu yang telah ditentukan.

“ Mediasi yang dilakukan ini, pihak keluarga peremepuan Ayu  dan Kepala Desa Ahuawatu serta tokoh adat  mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Pondidaha atas mediasi yang telah dilaksanakan di Polsek Pondidaha,”ucap Kasi Humas Polsek Pondidaha Bripka Ashar saat dikonfirmasi oleh Humas Polres Konawe.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here