Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Tiga orang warga Desa Wawolemo yang dipimpin oleh Kades Wawolemo Adi Ilham,S.Kom melakukan aksi penutupan akses jalan perusahaan kelapa sawit PT. Utama Agrindo Mas (UAM) yang bertempat di Desa Wowalahumbuti Kec.Pondidaha Kec.Konawe, Rabu (13/2/2019)

Aksi penutupan akses jalan tersebut terjadi akibat kekecewaan masyarakat terhadap pihak perusahaan yang tidak memberikan kontribusi nyata bagi kepentingan masyarakat setempat seperti perekrutan tenaga kerja lokal.

Dengan adanya aksi tersebut Kapolsek Pondidaha Iptu Julak Sulohor,SH bersama 3 anggota turun ke lokasi dan langsung melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Setelah itu dilakukan mediasi antara pihak PT.UAM yang di wakili oleh Limran Saranani dengan masyarakat yang diwakili oleh Kades Wawolemo Adi Ilham,S.Kom bersama Sekdes Wowalahumbuti Eliat beserta BPD Wowalahumbuti Bastian Sonaru yang bertempat di kantor PT.UAM

Dalam mediasi tersebut berlangsung alot sehingga menghasilkan kesepakatan terkait pembahasan perekrutan tenaga kerja lokal akan diagendakan setelah pimpinan PT.UAM berada di lokasi. Atas kesepakatan tersebut akses jalan kembali dibuka.

Humas PT. UAM Limran Saranani mengatakan “Tuntutan masyarakat terkait perekrutan tenaga kerja lokal, pihak perusahaan berjanji akan merealisasikan harapan masyarakat namun tetap menunggu tanggapan dari pimpinan,”katanya.

Sementara untuk permohonan lainnya, hingga berita ini diterbitkan, kedua belah pihak masih melakukan musyawarah menuju mufakat.

Kapolsek Pondidaha Iptu Julak Sulohor,SH mengatakan “Pertemuan mediasi ini merupakan cara mencari penyelesaian masalah ataupun solusi dan tidak merugikan salah satu pihak,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here