Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepolisian Sektor Puriala mengamankan jalannya aksi demo yang dilakukan oleh Pemuda Peduli Tambang Sulawesi Tenggara (PETMAM SULTRA) Desa Sonay Kec. Puriala Kab. Konawe, Kamis (27/5/2021).

Jenderal lapangan Erik Santo mengatakan “ Yang kami demokan ini sehubungan dengan aktifitas pertambangan PT. FAJAR PRIMA JAYA,”katanya saat dikonfirmasi oleh Humas Polres Konawe.

Massa sebelumnya berkumpul di Desa Mokaleleo Kec. Puriala dengan jumlah massa 20 orang, kendaraan roda dua 15 unit dan alat peraga speaker, mega phone dan spanduk bertuliskan ” Hentikan Semua Aktifitas PT. FAJAR PRIMA JAYA”

Sekitar pukul 09.00 wita massa aksi tiba di Kantor Camat Puriala dan melakukan orasi yang diterima oleh Sekcam Puriala dan dilakukan dialog.

Dari Kantor Camat Puriala massa aksi kemudian bergeser Kantor Polsek Puriala dan diterima Kapolsek Puriala Ipda Hamsar, SH, setelah itu massa aksi kemudian menuju Kantor PT. FAJAR PRIMA JAYA.

Adapun tuntutan dari masaa aksi yaitu,

  1. Aksi dilakukan sebagai bentuk kekecewaan kepad PT. FAJAR PRIMA JAYA karena belum pernah melakukan sosialisasi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari aktifitas pertambangan.
  2. Mendesak kepada pihak Kantor Camat Puriala dan Polsek Puriala untuk menutup dan menghentikan kegiatan pertambangan dari PT. FAJAR PRIMA JAYA karena dianggap illegal.

Pada pukul 11.20 wita massa aksi PEPTAM SULTRA membakar kayu di pintu masuk dan melakukan penyegelan pagar pintu Kantor PT. FAJAR PRIMA JAYA termasuk satu rumah masyarakat yang bersampingan dengan Kantor PT. FAJAR PRIMA JAYA sehingga menimbulkan protes dari pemilik rumah yaitu Drs. Ramijo.

Massa aksi juga berjanji bahwa akan membawa permasalahan PT. FAJAR PRIMA JAYA sampai ke tingkat Provinsi dan Polda Sultra.

Kapolsek Puriala Ipda Hamsar, SH saat dikonfirmasi oleh Humas Polrews Konawe menjelaskan, “ Kegiatan demo tersebut tidak menimbulkan tindakan yang tidak diinginkan, setelah selesai menyampaikan aspirasinya kemudian massa langsung membubarkan diri kembali kerumah masing-masing dengan situasi yang aman dan kondusif,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here