Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kurang lebih 10 orang dari aliansi Koalisi Sipil Kecamatan Motui telah melakukan unjuk rasa damai terhadap PT. Wong Anak Mandiri. Tambang batu gunung golongan C , untuk segera menghentikan kegiatan penambangan yang menggunakan bahan peledak karena masyarakat merasa terganggu dan tidak memiliki legalitas izin yang lengkap.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut dilakukan oleh Aliansi Koalisi sipil kecamatan motui, dengan korlapnya sdr. Oskar sumardi S.pd, Riki Hardianto S.hut, Abi Satya SH .serta masyarakat setempat kurang lebih 10 orang. Di lokasi PT. Wong Anak mandiri Desa sambasule kecamatan Motui Kab. Konawe Utara. Selasa (21/05/2019).

Tuntutan dakam aksi tersebut yaitu agar Mendes PT. Wong Anak Mandiri segera menghentikan aktifitas tambang yang berada di desa sambasule kec. Motui. Kemudian Mendesak PT . Wong Anak mandiri agar segera melakukan soaialisasi di masyarakat yang mengundang pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat terkait aktivitas tambang golongan C. Agar PT. Wong Anak Mandiri transparan memperlihatkan dokumen izin penambanganya.

Warga juga Mendesak PT. Wong Anak Mandiri agar memberikan kompensasi atas segala bentuk aktifitas tambang yang merugikan masyarakat setempat.

Dalam aksi ujnuk rasa tersebut, yang mewakili PT. Wong anak mandiri yaitu sdr. Indra Sakti yang mengatakan bahwa “Kegiatan pertambangan yang kami lakukan sudah sesuai prosedur dan tidak ilegal, dan saya sudah mengikuti peraturan perizinan yang berlaku ,sesuai dengan perundang- undangan yang berlaku sehingga kami berani melakukan aktifitas penambangan ini dan juga penggunaan bahan peledak yang mempunyai izin dari mabes Polri.” Ucapnya

Koalisi sipil kecamatan motui menerima pernyataan dari perwakilan PT.wong anak mandiri apabila sanggup melakukan soaialisaai secepatnya di masyarakat dengan mengundang pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat serta masyarakat setempat secara resmi.

“Dengan kesiap siagaan personil Polsek Sawa yang dipimpin langsung oleh Kapolsek sawa IPTU Sarif .SH, dalam melakukan pengawalan aksi unjuk rasa dari aliansi Koalisi sipil kecamatan motui, walaupun sempat berseteru/tegang dalam orasinya namun berjalan dengan aman dan kondusif.” Ucap Kasi humas Polsek Sawa Aipda Amir murtono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here