atanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepolisian Sektor Wongeduku mulai berbenah untuk mengatasi ancaman banjir di dua Kecamatan yaitu Kec. Eonggeduku dan Kec. Wogeduku Barat Kab. Konawe.

Kapolsek Wonggeduku Ipda Jusriadi Saat dikonfirmasi Oleh Humas Polres Konawe mengatakan. “ Kec. Wonggeduku dan Kec. Wonggeduku Bara pada umumnya sering dilanda banjir akibat curah hujan,”katanya pada, Rabu (5/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa curah hujan lebih tinggi ketika masuk bulan Mei, Juni dan Juli setiap tahunnya, hal itu membuat masyarakat khawatir jika musim penghujan tiba.

Jadi untuk mengantisipasi ancaman banjir di dua Kecamatan itu Polsek Wonggeduku telah bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan dan jajaranya untuk selalu memantau daerah-daerah yang dianggap rawan banjir, membersihkan saluran dan menghimbau masyarakt untuk menjaga kesehatan serta tidak membuang sampah disemabaraang tempat.

Antisipasi lain yaitu sudah ada beberapa Desa yang merencanakan pembangunan saluran pembuangan air melalui Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) pada tingkat kecamatan melalui anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021.

Seperti Desa Lalohao telah merencanakan pembangunan saluran pembuangan air atas saran dan masukan dari warga pada saat Musrenbang di tahun 2020.

“Jadi memang kegiatan pembuatan saluran pembuang air ini, merupakan prioritas utama yang harus dikerjakan diawal untuk tahap pertama di pencairan DD tahun 2021,” ucap Kepala Desa Lalohao Indra, SH., MM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here