SAT RESKRIM

SATUAN RESERSE KRIMINAL POLRES KONAWE

Sat Reskrim adalah unsur pelaksana Utama di tingkat Kepolisian Resort yang berada dibawah Kapolres. Sat Reskrim bertugas membina fungsi dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana termasuk fungsi Identifikasi dan fungsi Laboratorium Forensik lapangan dalam rangka penegakan hukum, koordinasi dan pengawasan operasional dan administrasi penyidikan PPNS sesuai ketentuan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan tugas dimaksud Sat Reskrim menyelenggarakan fungsi sbb: Pembinaan fungsi / penyelidikan tindak pidana, termasuk fungsi identifikasi dan fungsi laboratorium forensik lapangan serta kegiatan-kegiatan lain yang menjadi tugas Sat Reskrim, dalam lingkungan Polres; Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan penyelidikan / penyidikan tindak pidana umum dan tertentu, dengan memberikan pelayanan / perlindungan khusus kepada korban / pelaku remaja, anak dan wanita, dalam rangka penegakan hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
Penyelenggaraan fungsi Identifikasi baik untuk kepentingan penyidikan maupun pelayan umum.

Penyelenggaraan pembinaan teknis dan koordinasi dan pengawasan operasional dan administrasi penyidak PPNS. Pelaksanaan analisis setiap kasus dan isu-isu menonjol beserta penanganannya dan mempelajari / mengkaji efektifitas pelaksanaan tugas satuan-satuan fungsi Reskrim. Sat Reskrim dipimpin oleh Kepala Satuan Reskrim, disingkat Kasat Reskrim, yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari berada dibawah kendali Waka Polres.

Dalam pelaksanaan tugasnya Kasat Reskrim dibantu oleh :
Kaurbin Ops :
1) Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap administrasi serta pelaksanaan penyelidikan dan penyidikan

2) Menganalisis penanganan kasus dan mengevaluasi efektifitas pelaksanaan tugas Sat Reskrim.

Kaurmintu: Menyelenggarakan kegiatan administrasi dan ketatausahaan
Kaur Identifikasi: Melakukan identifikasi dan laboratorium forensik lapangan, dan pengidentifikasian untuk kepentingan penyidikan dan pelayanan umum

Kanit I: Melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana umum di wilayah hukum Polres

Kanit II: Melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana tertentu / khusus di wilayah hukum Polres

Kanit III: Melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi di wilayah hukum Polres

Kanit IV: Melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana terhadap remaja, anak dan wanita serta memberikan perlindungan kepada remaja, anak dan wanita sebagai pelaku maupun korban di wilayah hukum Polres