Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kanit Binmas Polsek Bondoala Bripka Romi, SH dan Bhabinkamtibmas Polsek Bondoala Bripka Muh. Dedi melakukan mediasi kepada warga Desa Pebunoha Dalam dan Desa Pebunoha Induk, Jum’at (22/11/2019).


Mediasi tersebut dilakukan karena terjadi gesekan antara kedua warga Desa tersebut karena warga Desa Pebunoaha Dalam keberatan karena rakit penyebrangan mobil memuat motor dan memberi sewa dibawa harga normal sehingga menurut mereka ini adalah hal yang tak boleh.


Bahwa warga Desa Pebunoha Dalam merasa keberatan kepada warga Desa Pebunoha Induk karena tempat rakit penyebrangan secara geografis dan wilayah administrasi merupakan wilayah Desa Pebunoha Dalam dimana telah disepakati oleh Kedua Desa tersebut berdasarkan batas wilayah yang telah di sepakati Sebelumnya


Warga Desa Pebunoha induk juga tetap mempertahankan pelabuhan rakit walaupun berada di Desa Pebunoha Dalam karena proses pembuatan pelabuhan tersebut di lakukan oleh warga Desa Pebunoha Induk dan sekarang ini sudah dikelolah oleh kelompok yang telah ditunjuk oleh perwakilan Desa Pebunoaha Induk namun tetap memperhatikan sesuai dengan regulasi kesepakatan tersebut.


Kanit Binmas Polsek Bondoala mengungkapkan bahwa “ Dalam kegiatan mediasi tersebut sempat terjadi adu argumentasi antara Kepala Desa Pebunoaha Dalam sdr.Rustam dan sdr. Asrun dari Desa Pebunoaha Induk namun kami bisa mengendalikannya,”ungkap Bripka Romi, SH.


Dari hasil mediasi yang dilakukan oleh personel Polsek Bondoala ini maka membuahkan hasil yang baik yaitu kedua warga Desa tersebut akan mengikuti hasil kesepakatan bersama yang dibuat pada hari Rabu tanggal 20 Nopember 2019 Namun Kesepaktan itu nanti berlaku Pada Tanggal 1 Desember 2019 sesuai dengan regulasi yang telah di tentukan.


Namun ditegaskan bahwa untuk kendaraan roda dua (motor) tidak boleh menyebrang lagi di pincara mobil sehingga tidak mengganggu penyebrangan pincara mobil dalam beraktifitas karena penyebrangan pincara motor sudah ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here