Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kanit Reskrim Polsek Sawa Bripka Samsul S.Kom tampil sebagai pemateri dalam kegiatan Sosialisasi UU Nomor 17 Tahun 2013 dan Perpu 02 tahun 2017 tentang Ormas yang bertempat di Aula Kantor Camat Lembo Kab. Konawe Utara, Rabu, (21/8/2019).

Selain Kanit Reskrim Polsek Sawa yang membawakan materi, juga turut Kepala Kesbang Kab. Konawe Utara Arman S.TTP, M.PA sebagai pemateri, Rabu (21-08-2019).

Dalam materinya, Kanit Reskrim Polsek Sawa menjelaskan Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Selain itu dalam Perppu ini ditegaskan, bahwa “ Ormas dilarang melakukan tindakan permusuhan terhadap suku, agama, ras atau golongan; melakukan penyalahgunaan, penistaan, atau penodaan terhadap agama yang dianut di Indonesia; melakukan tindakan kekerasan, mengganggung ketenteraman dan ketertiban umum, atau merusak fasilitas umum dan fasilitas sosial; dan melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,”
“ Untuk itu kalau masyarakat mau membentuk ormas silahkan, namun harus sesuai dengan prosedur sehingga pememrintah dapat mengeluarkan izin, “kata Bripka Samsul S.Kom

Hadir dalam kegiatan ini Asisten III Sekretariat Dearah Kab. Konawe Utara Drs Laonjo M.Si , Camat Lembi Askam S.Sos, para Kepala Desa dan Lurah Lembo, serta masing-masibg Desa mengikutkan 5 orang peserta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here