Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Kepolisian Sektor Bondoala yang di pimpin oleh Kapolsek Bondoala Ipda. Satria Madangkara S.S.TrK, menurunkan anggotanya untuk memantau jalan Houling dipersimpangan Desa Tani Indah Kec. Kapoiala Kab.Konawe yang dipalang oleh warga, Rabu (28/8/2019) pukul 08.30 wita.

Jalan tersebut dipalang oleh warga Desa Tani Indah pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019 sekitar pukul 21.00 wita.

Terjadinya pemalangan jalan karena warga menuntut agar pihak perusahaan PT. OSS melakukan penggalian kembali saluran sungai alam yang telah mengalami penyempitan dan pendangkalan.

Penyempitan dan pendangkalan saluran sungai tersebut karena adanya pekerjaan jembatan yang dilakukan oleh pihak Perusahaan PT. OSS yang mengakibatkan aliran air sungai disaluran tersebut tidak berjalan normal.

Salah seorang warga menuturkan bahwa “Air sungai tersebut dipergunakan oleh sebagian masyarakat yang berada disekitar untuk kebutuhan empang,”kata warga Desa Tani Indah yang tidak ingin diketahui namanya.
Akibat tindakan tersebut kendaraan operasional perusahaan dari dan menuju pelabuhan jetti tertahan.

Waktu terjadi pemalangan, Kapolsek Bondoala Ipda Satria Madangkara,S.S.TrK langsung bernegosiasi kepada warga setempat dan pihak perusahaan agar keinginan masyarakat dapat dipenuhi sehingga tidak terjadi tindakan anarkis.

Akhirnya negosiasi yang dilakukan oleh Kapolsek Bondoala menghasilkan solusi terbaik yaitu pihak perusahaan berjanji akan memperbaiki saluran sungai alam yang telah mengalami penyempitan dan pendangkalan.

Kemudian warga Desa Tani Indah menyetujui janji tersebut maka saat itu juga warga langsung membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing dan kendaraan perusahaan yang sempat tertahan langsung di buka oleh anggota Polsek Bondoala untuk melanjutkan aktifitas bongkar muat.

Untuk menghindari terjadinya pemalangan berikutnya dan tindakan lain yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di jalan houling tersebut maka Kapolsek Bondoala Ipda Satria Madangkara,S.S.TrK memerintahkan Aiptu Lim-Lim dan Brigadir Nurbudianto untuk memantau terus perkembangan situasi di jalan houling di Desa Tani Indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here