Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Polres Konawe mengamanakan jalanya aksi unjuk rasa oleh Alumni dan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lakidende (Unilaki) yang digelar di pelataran kampus Unilaki, Senin (30/8/2021).

Saat melakukan aksi unjuk rasa, alumni dan mahasiswa tersebut berorasi dihalaman kampus.

Mereka meminta penjelasan dari Wakil Rektor (Warek) 3 Unilaki, Abu Rahman terkait surat Drop Out (DO) yang dikeluarkan Rektorat kepada seorang mahasiswa teknik Unilaki.

Awalnya Warek III, Abu Rahman enggan keluar menemui massa aksi.Namun, setelah didesak oleh massa aksi, dengan pengawalan ketat oleh aparat Kepolisian Resor Konawe, Abu Rahman kemudian bersedia menemui massa.

” Kenapa mahasiswa Universitas Lakidende, mahasiswa teknik di DO?,” tanya seorang massa aksi, Sumantri yang juga alumni kepada Abu Rahman.

“Saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari alumni,” kata Abu dihadapan massa aksi.

Pernyataan Abu sontak membuat teriakan dari massa aksi. Akibatnya, seorang massa aksi yang berstatus mahasiswa kemudian diberikan kesempatan untuk mempertanyakan terkait surat tersebut.

Abu menegaskan, pihaknya tidak akan membatalkan surat DO tersebut yang telah dikeluarkan Rektor.

Pernyataan Abu itu pun membuat seorang alumni yang bernama Erik Tadjudin menanggapinya. Erik menjelaskan, pihaknya menanyakan persoalan mekanisme keluarnya surat DO itu bukan soal apakah surat tersebut dicabut atau tidak.

Mahasiwa yang berunjuk rasa menilai, Warek III itu tidak mampu menjawab pertanyaan. Bahkan, mereka menilai Warek III takut kepada alumni yang ikut berunjuk rasa.


Dalam kesempatan itu, pengunjuk rasa telah mendatangi Ketua Yayasan Unilaki Dra. Sitti Aminah Rasak Porosi dikediamanya untuk menanyalan tentang surat Drop Out (DO) yang dikeluarkan Rektorat kepada seorang mahasiswa teknik Unilaki.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Ketua Yayasan Unilaki tersebut masa aksi langsung membubarkan diri.

“ Dalam aksi ini tidak menimbulakn hal-hal yang tidak diinginkan, betlangsung dengan aman, tertib dan lancar, ” kata AKP I Ketut Subagia selaku Wakil koordinator Pengamanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here